SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Menengok Kearifan Lokal "Tedhak Siten" Yang Masih Lestari Di Masyarakat Desa

13 Januari 2023 20:33:57  Suparno Wo Thekle  1.601 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Tradisi “Tedhak Siten” merupakan tradisi yang berasal dari jawa untuk bayi yang berusia tujuh atau delapan bulan. Tradisi ini masih melekat erat dalam masyarakat jawa sehingga sampai saat ini masih sering ditemui masyarakat yang mengadakan tradisi ini. Tedhak siten biasa disebut dengan upacara atau peringatan turun tanah. Hal ini sesuai dengan arti dari kata “Tedhak” yang berarti turun dan “siten” yang berasal dari kata “siti” yang artinya tanah.

Bagi leluhur, tradisi ini merupakan bentuk penghormatan kepada bumi yang menjadi tempat anak untuk belajar menginjakkan kaki di tanah. Dalam serangkaian acara ini, biasanya diisi dengan doa bersama dan makan makanan tradisional. Akan tetapi, biasanya pelaksanaan tradisi ini berbea-beda pada tiap daerah. Namun, memiliki tujuan yang sama.

Kamis , 13 Januari 2023 telah dilaksanakan tradisi tedhak siten di Dusun Dero Lor, Desa Dero Kecamatan Bringin. Acara ini diselenggarakan oleh pasangan suami istri yaitu Muhammad Rofiuddin dan Dhesita Ardiyanti. Acara yang diselenggarakan ini bersifat tradisional sesuai kebiasaan turun-temurun. Dalam acara ini diikuti oleh tetangga, saudara dan anak-anak kecil yang berada disekitar tempat tinggal Muhammad Rofiuddin.

Adapun peralatan yang digunakan untuk melaksanakan tradisi untuk anak dari Muhammad Rofiuddin dan Dhesita Ardiyanti yaitu mainan, uang, alat tulis, buku iqro dan masih banyak lagi. Benda-benda tersebut ditata dan si anak nantinya akan diletakkan disamping benda-benda tersebut. Benda yang pertama kali dipegang oleh si anak dipercaya akan menggambarkan masa depan anak tersebut. akan tetapi, hal tersebut adalah kepercayaan adat yang boleh dipercaya atau tidak. Jadi, semuanya kembali lagi ke diri masing-masing.

“Alasan saya dan suami tetap mengadakan tradisi ini yaitu untuk melestarikan budaya Jawa khususnya agar tidak mati. Selain itu, tradisi seperti ini sebenarnya bersifat turun-temurun sehingga sulit untuk ditinggalkan” tutur Dhesita Ardiyanti.

Di Desa Dero khususnya dan umumnya di wilayah Kecamatan Bringin tradisi ini sudah jarang ditemukan dan terkadang dalam pelaksanaanya sedikit berbeda karena disesuaikan dengan pemilik acara. Semoga dengan cara ini, budaya dan kearifan lokal yang ada di Indonesia tetap terjaga dan tetap lestari.

Baca Juga Berita Sebelumnya:

wong mu
14 Januari 2023 15:22:28
PEMDES DERO JOSSSSSHHHTTTT POKOK'E...

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.095
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.384.166
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.17.164.233
    Browser:Mozilla 5.0