SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Enthung, Makanan Ekstrem yang Kaya Nutrisi dan Bercita Rasa Gurih

17 November 2023 23:53:39  Suparno Wo Thekle  1.161 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Enthung, atau yang dikenal dengan nama ungker, merupakan makanan ekstrem yang dikonsumsi oleh masyarakat di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa, Madura, dan Sulawesi. Enthung merupakan kepompong dari ulat jati (Hyblaea puera) yang hidup di pohon jati.

Enthung mulai bermunculan pada bulan November dan Desember, bertepatan dengan musim penghujan. Pada saat itu, ulat jati akan berubah menjadi kepompong dan berjatuhan dari pohon jati.

Masyarakat setempat memanfaatkan enthung sebagai sumber protein hewani. Enthung mengandung protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 25-30%. Selain itu, enthung juga mengandung karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Enthung dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti tumis, sayur lodeh, sayur asem-asem, balado, rempeyek, keripik, dan rica-rica. Rasa enthung yang gurih dan renyah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta makanan ekstrem.

Didik (44), warga Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, merupakan salah satu penikmat enthung. Ia mengatakan, enthung merupakan makanan yang lezat dan bergizi.

"Enthung rasanya gurih dan renyah. Selain itu, enthung juga mengandung banyak protein," kata Didik.

Ia menjelaskan, enthung biasanya diolah dengan cara ditumis atau digoreng. Namun, ada juga yang mengolah enthung menjadi sayur lodeh atau sayur asem-asem.

Didik menambahkan, enthung tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini karena enthung mengandung zat beracun yang dapat menyebabkan gatal-gatal di sekujur tubuh.

"Enthung boleh dikonsumsi, tapi jangan berlebihan. Kalau berlebihan, bisa menyebabkan gatal-gatal," pungkasnya.

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:7.080
    Kemarin:13.426
    Total Pengunjung:2.120.651
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.140.192.166
    Browser:Mozilla 5.0