SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Mengenal Diri Sendiri Lewat Pencak Silat: Siswa Dewasa Rayon Dero Ranting Bringin Temukan Makna Hidup di 5 Jiwa SH Terate

11 Mei 2024 03:24:23  Suparno Wo Thekle  473 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Semangat membara terlihat jelas dari 10 siswa dewasa Rayon Dero saat mengikuti latihan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) atau SH Terate pada Jumat (10/5) malam. Latihan yang digelar di Sekretariat PSHT Ranting Bringin jalan Terate No 22 Dusun Dero Kidul Désa Dero Kecamatan Bringin ini di pegang langsung oleh Kang Mas Sukiman, sekaligus merupakan pelatih utama siswa dewasa.

Dengan penuh dedikasi, Kang Mas Sukiman menuntun para siswa dewasa ini dalam mempelajari gerakan demi gerakan pencak silat SH Terate. Ia tidak hanya melatih fisik, namun juga membangun karakter dan mental yang kuat melalui Pitutur Luhur yang disampaikannya.

Saat di temui tim media website Désa Dero, Kang Mas Sukiman menjelaskan bahwa SH Terate bukan hanya melatih fisik, namun juga membangun karakter dan mental yang kuat. Ia juga menambahkan bahwa SH Terate adalah ilmu untuk mempelajari dan mengenal diri sendiri dengan sebaik-baiknya.

Kang Mas Sukiman selain melatih fisik juga memberikan Pitutur Luhur/ Ke SH an pada siswa 

Dalam latihannya, para siswa dewasa Rayon Dero Ranting Bringin tidak hanya diajarkan gerakan pencak silat, namun juga nilai-nilai luhur SH Terate yang tertuang dalam 5 Jiwa SH Terate yakni;

  1. Berjiwa Budi Luhur Tau Benar dan Salah
  2. Pemberani tidak Takut mati
  3. Soal kecil atau remeh mengalah, soal prinsip bertindak
  4. Sederhana
  5. Suko Memayu Hayuning Bawono

Kang Mas Sukiman yang juga merupakan Ketua PSHT Ranting Bringin ini berharap dengan meneladani 5 Jiwa SH Terate ini, para siswa dewasa dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat.

Antusiasme dan semangat para siswa dewasa Rayon Dero Ranting Bringin dalam mengikuti latihan patut diapresiasi. Meskipun para siswa sudah berkeluarga dan memiliki kesibukan masing-masing, mereka meluangkan waktu untuk belajar dan berlatih pencak silat SH Terate.

Salah satu siswa dewasa, Purnomo, mengungkapkan rasa senang dan bangganya dapat mengikuti latihan SH Terate. "Saya senang sekali bisa mengikuti latihan SH Terate. Selain melatih fisik, saya juga diajarkan banyak nilai-nilai luhur yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari," ujar Purnomo.

Hal senada juga disampaikan Lilin (32) seorang ibu rumah tangga yang ikut latihan siswa dewasa. Ia mengungkapkan bahwa dengan mengikuti latihan SH Terate, ia menjadi lebih disiplin dan fokus dalam menjalani kehidupannya.

Latihan SH Terate Rayon Dero Ranting Bringin ini tidak hanya bermanfaat bagi para siswa dewasa, namun juga bagi masyarakat sekitar. Keberadaannya mampu merajut harmoni dan mempererat tali persaudaraan antar warga.

Selain itu, latihan ini juga menjadi upaya untuk melestarikan budaya pencak silat SH Terate di Kabupaten Ngawi. Kang Mas Sukiman berharap dengan semakin banyaknya orang yang tertarik untuk belajar SH Terate, budaya pencak silat di Indonesia dapat terus dilestarikan.

Dengan semangat dan dedikasi para pelatih dan siswa dewasa Rayon Dero Ranting Bringin, diharapkan generasi muda di Indonesia dapat terinspirasi untuk belajar dan berlatih pencak silat SH Terate. Tidak hanya melatih fisik dan mental, namun juga menanamkan nilai-nilai luhur yang dapat menjadikan mereka pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.564
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.383.635
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.46.55
    Browser:Mozilla 5.0