SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Profil Masyarakat Desa

27 Desember 2022 19:45:36  Suparno Wo Thekle  907 Kali Dibaca 

Dero.desa.id - Desa Dero merupakan salah satu Desa dari sepuluh Desa yang ada di wilayah Kecamatan Bringin. Jumlah penduduk dari empat dusun yang ada di Desa Dero berdasarkan data di bagian Urusan Pemerintah berada di sekitar dua ribu delapan ratusan. Angka tersebut tidak bisa dipastikan karena data  dilakukan secara update oleh administrator Open SID secara berkala. Untuk kepastiannya data bisa dilihat pada statistik penduduk yang tertera pada Open SID Desa Dero. Klik Disini 

Dan Seiring berjalannya waktu data hasil sensus tahun 2019 tentunya telah mengalami perubahan, dengan sistem SID ini data lebih mudah diperbarui dikarenakan telah kerjakan oleh sistem komputer. Data yang tampil adalah statistik yang didapatkan dari proses olah data dasar yang dilakukan secara offline di kantor desa secara rutin/harian. Data dasar di kantor desa diunggah ke dalam sistem online di website ini secara berkala. Silahkan hubungi kontak pemerintah desa untuk mendapatkan data dan informasi desa termutakhir. Silahkan lihat tabel statistik desa untuk mendapatkan tampilan data statistik per kategori di bagian paling bawah. Klik Disini

Tingkat pendidikan berpengaruh pada kualitas sumberdaya manusia. Proses pembangunan Desa akan berjalan dengan lancar apabila masyarakat memiliki tingkat pendidikan yang cukup tinggi. Akses untuk mendapatkan pendidikan jauh lebih mudah karena jarak tempat pendidikan baik tingkat SD sampai SMA dekat dengan pemukiman warga, akan tetapi kalau dilihat dari data statistik masih rendahnya tingkat pendidikan masyarakat merupakan suatu permasalahan yang harus segera dipecahkan terutama dalam membangun kesadaran masyarakat akan arti pentingnya pendidikan.  Data penduduk menurut tingkat pendidikannya dapat dilihat pada tabel statistik, Klik Disini

Perlu Diketahui Untuk masyarakat dengan pendidikan tinggi, sebagian besar merupakan lulusan dari universitas di luar Kabupaten Ngawi. Mereka mengenyam pendidikan di Solo, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Madiun maupun daerah lain. Sedangkan sisanya merupakan lulusan dari universitas di Kabupaten Ngawi seperti Suryo, universitas modern, institut agama Islam Ngawi, akademi keperawatan Ngawi dan sebagainya.

Profil sosial masyarakat

           Kebudayaan lokal Desa Dero tidak terlepas dari Agama, pendidikan dan kondisi pada setiap era. Masyarakat Desa Dero yang mayoritas memeluk agama Islam memiliki toleransi besar dalam berperi kehidupan di masyarakat maupun dengan tuhannya. Cerminan itu dilaksanakan pada keseharian dalam beribadah, pelaksanaan hari besar keagamaan maupun implementasi dalam perilaku di masyarakat.

Struktur penduduk menurut agama menunjukkan sebagian besar penduduk Desa Dero beragama Islam (99,65 %), Kirsten (0,14% ) yang belum mengisi 0,21% lebih detailnya bisa dilihat di tabel statistik, Klik Disini

Pengaruh tinggi rendahnya pendidikan seseorang terhadap status sosial tidak begitu terlihat pada masyarakat. Antara masyarakat berpendidikan tinggi dengan pendidikan rendah berbaur dalam lingkungan. Mereka bersatu dalam menghindari terjadinya kesenjangan sosial dengan berinteraksi secara wajar.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap masyarakat akan turut serta dan semangat  dalam acara peringatan tersebut.

Kelompok pemuda di Desa Dero yang tergabung dalam kelompok pegiat Karang Taruna menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan untuk isu demokrasi kepada warga, pelatihan penanggulangan bencana, dan kampanye Gerakan Remaja Anti Narkoba dan Seks Bebas.  

Mayoritas mata pencarian penduduk Desa Dero bergerak dibidang pertanian. Permasalahan yang sering muncul berkaitan dengan mata pencaharian penduduk adalah tersedianya lapangan pekerjaan yang kurang memadai dengan perkembangan penduduk sebagaimana tertuang dalam perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Ngawi. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pembangunan desa adalah melakukan usaha perluasan kesempatan kerja dengan melakukan penguatan usaha kecil pemberian kredit sebagai modal untuk pengembangan usaha khususnya di bidang perdagangan.    

Tingkat angka kemiskinan Desa Dero yang masih tinggi menjadikan Desa Dero harus bisa mencari peluang lain yang bisa menunjang peningkatan taraf ekonomi  bagi masyarakat. Banyaknya kegiatan Ormas di Desa Dero seperti Remaja Masjid, Karang Taruna, Jamiyah Yasin, Tahlil, PKK Dharmawanita ,Posyandu, Kelompok Arisan merupakan aset desa yang bermanfaat untuk dijadikan media penyampaian informasi dalam setiap proses pembangunan desa pada masyarakat.

Terkait dengan perekonomian masyarakat, masih ada keluarga yang perlu bantuan. Bantuan tidak hanya sekedar suplai materi, namun juga keperluan lain yaitu fasilitas maupun tambahan pengetahuan. Sehingga hal itu menjadi prioritas program pemerintah Desa Dero setiap tahun.

Hal lain yang tak kalah penting dalam menata pelaksanaan kehidupan di masyarakat adalah rasa nasionalisme. Kemajemukan yang ada di masyarakat perlu diantisipasi dengan pemahaman dan penerapan semboyan bhinneka tunggal Ika sebagai katalisator terjadinya persoalan SARA.

Salah satu upaya itu adalah dengan diadakannya perayaan hari besar nasional, utamanya memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Pahlawan. Dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan maupun Hari Pahlawan inilah disisipkan kegiatan-kegiatan yang mampu memupuk jiwa kebersamaan dan rasa nasionalisme.

Profil Politik Masyarakat

            Masyarakat Desa Dero sudah mengenal sistem demokrasi secara dinamis, serta memilikim partisipasi politik yang cukup besar. Keadaan pendudukanya yang besar juga mempengaruhi keberagaman pada kondisi polotik di Desa Dero, sehingga benyak dari pemilik kepentingan politik yang memperhitungkannya. Kendati demikian kondisi politik di Desa Dero masih tetap kondusif serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

SALAM GUYUB RUKUN !!

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:700
    Kemarin:6.237
    Total Pengunjung:1.768.724
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.234.244.181
    Browser:Tidak ditemukan