SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Cara Pemupukan Padi yang Tepat untuk Optimalkan Hasil Panen

11 Desember 2022 12:00:21  Suparno Wo Thekle  34.906 Kali Dibaca  Ragam Artikel Bermanfaat

Dero.desa.id - Cara pemupukan padi adalah salah satu kunci untuk mendapatkan hasil panen yang optimal dan tentunya melimpah. Jika salah dalam memberikan pupuk pada padi, bukannya panen melimpah yang akan didapat tapi justru risiko tanaman padi menjadi rusak. Lalu bagaimanakah cara pemupukan padi yang tepat? Anda dapat mengetahuinya dalam uraian berikut ini.

Perhatikan usia tanaman

Sama seperti manusia, tanaman juga membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda dalam setiap tahapan usia. Nutrisi yang dibutuhkan manusia pada saat masih bayi akan berbeda dengan saat sudah dewasa. Begitu halnya dengan tanaman, termasuk padi. Pada tahapan usia tertentu, padi membutuhkan nutrisi khusus.

Saat padi masih berusia muda misalnya (0-2 minggu). Pada usia ini tanaman padi masih tumbuh dengan lambat sehingga belum terlalu membutuhkan urea (N). Sebaliknya, padi muda sangat membutuhkan fosfor (P), kalium (K), dan sulfur (S). Aturan ini juga berlaku saat memberikan pupuk majemuk. Perhatikan usia tanaman padi sebelum memberikan pupuk dengan dua kandungan yang berbeda (misal: pupuk SP sebaiknya diberikan pada saat padi masih muda).

Waktu pemberian pupuk juga berpengaruh

Cara pemupukan padi yang benar ternyata juga memperhatikan waktu pemberian pupuk. Ya, Anda tidak bisa sembarangan memberikan pupuk. Menyebarkan pupuk pada waktu yang salah bisa menyebabkan pupuk tidak terserap dengan baik dan tanaman padi pun tidak mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

Kapan waktu yang tepat untuk memberikan pupuk? Waktu yang paling baik untuk memberikan pupuk adalah di pagi hari mulai pukul 8 hingga 10 pagi. Pada rentang waktu tersebut embun sudah meninggalkan tanaman dan sinar matahari juga belum terlalu terik. Anda juga bisa memberikan pupuk di sore hari (mulai pukul 16 hingga 17). Hindari memberikan pupuk di waktu hujan atau mendung karena berpotensi menghilangkan pupuk.

Setiap tempat memiliki kebutuhan pupuk yang berbeda

Anda mungkin pernah mendapat rekomendasi cara pemupukan padi dari seorang rekan di daerah lain. Cara tersebut berhasil dan bisa meningkatkan hasil panennya. Anda tentu akan sangat tertarik untuk mencoba cara pemupukan padi tersebut. Namun tunggu dulu, belum tentu cara tersebut akan berhasil untuk sawah dan tanaman padi Anda. Mengapa?

Hal ini dikarenakan tidak setiap tempat memiliki kebutuhan pupuk yang berbeda. Daerah yang subur jelas akan membutuhkan pupuk lebih sedikit dibandingkan dengan daerah yang kering. Kandungan zat hara pada tanah yang subur tentu lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tanah yang kering. Untuk itu, sebaiknya Anda benar-benar memahami seperti apa kondisi sawah atau lahan yang dijadikan tempat menanam padi.

Jangan terlalu cepat dan jangan terlambat

Selain memperhatikan kondisi tanah, Anda juga harus mengetahui kapan tanaman membutuhkan nutrisi dari pupuk. Jangan sampai terlalu cepat atau bahkan terlambat memberikan pupuk pada tanaman padi. Hal ini justru akan membuat hasil panen menjadi kurang optimal.

Sebagai contoh, Anda sebaiknya memberikan pupuk N saat tanaman masuk usia 40 hari (saat mulai membentuk malai atau gabah). Jangan berikan pupuk sebelum padi masuk usia tersebut karena hanya akan membuat pembentukan malai kurang baik. Begitu halnya jika Anda terlambat memberikan pupuk, padi tidak akan memberi hasil panen yang optimal.

Cara pemupukan padi adalah salah satu kunci untuk dapat mendapatkan panen yang optimal. Anda bisa mengikuti empat panduan di atas untuk merasakan panen melimpah. Selamat mencoba!

 

P. Yon
22 Mei 2024 16:47:29
Jika padi sudah mulai kematak, perlu dipupuk lagi untuk menambah bobot isi padi atau tidak
Sugeng
21 Mei 2024 18:27:22
Untuk penanaman padi pemerintah sudah mensubsidikan pupuk NPK 15 15 15 produksi pupuk kujang Cikampek, formula tersebut pemerintah di buat seragam untuk daerah" lain padahal kebutuhan unsur hara tanah nya beda". Biaya petani sukses hasil panen nya, gimana solusi tepat nya pada usia muda benih padi agar saat pemakaian NPK tidak gagal
Priadi
18 Maret 2024 15:53:19
Pemahaman kita selama ini padi usia muda diberikan urea supaya anakannya banyak dan menjelang berbunga diberikan P dan K supaya malainya panjang dan padinya mentes bermutu
Mistar J.Silalahi
07 Februari 2024 08:17:06
Terimakasih atas cara pemupukan yang telah di uraian diatas satu hal hal yang akan kami tanyakan pemberian pupuk N (Urea)pada usia 7-10 )Setelah tanam ini cara yang biasa kita lakukan sementara uraian di atas pemberian pupuk Urea di sekitar 40 hari setelah mana yang sebaiknya kita lakukan mohon penjelasannya Terimakasih
Ipolonius micael
13 Januari 2024 14:11:58
Cara perawatan yg benar

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:613
    Kemarin:15.023
    Total Pengunjung:2.254.530
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.239.11.178
    Browser:Tidak ditemukan