SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Menengok Kiprah Kader Posyandu Desa Dero

19 Januari 2023 17:11:42  Suparno Wo Thekle  882 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Aktivitas pelayanan kesehatan tingkat dasar bagi para anak anak usia dibawah lima tahun (balita), para remaja, kaum lanjut usia (lansia) terus dilakukan Pemerintah Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi. Kegiatan pelayanan kesehatan yang dilakukan dalam kegiatan pos pelayanan terpadu (posyandu) tersebut menurut Wiji yang merupakan bidan Desa Dero sangat bergantung dari peran aktif para kader posyandu yang ada di desa tersebut. 

Dan di Desa Dero sendiri ada beberapa jenis Posyandu yaitu posyandu balita, posyandu Remaja dan Posyandu lansia. Dengan jadwal dan tempat Posyandu Balita Melati dilaksanakan di Dusun Dero Lor setiap tanggal 18 meliputi masyarakat dari Dusun Tegal Duwur, Dusun Dero Lor dan Dusun Dero Kidul. Untuk posyandu Balita Anggrek di laksanakan setiap tanggal 15 meliputi masyarakat Dusun Kaliwangon saja dan juga untuk Posyandu lansia setiap tanggal 27 di tiap bulannya.

Kader atau relawan Posyandu satu Desa Dero berjumlah sekitar 15 orang kader. Menurut Bu Wiji panggilan akrabnya, Kader Posyandu tersebut memiliki tugas ikut meningkatkan kesehatan masyarakat karena telah dibekali dengan pelatihan khusus terutama bagi para balita.

“Tanpa peranan kader posyandu para bidan desa akan kewalahan karena beberapa tugas kader posyandu sangat penting, seperti ikut memberi penyuluhan kesehatan pada kaum ibu pemilik anak balita serta saat pelaksanaan posyandu ikut terlibat melakukan aktivitas menimbang dan sehari sebelumnya mengumumkan jadwal pelaksanaan posyandu agar para ibu tidak lupa,” terang Wiji saat dikonfirmasi Dero.desa.id, Rabu (18/1).

Ia menyebut para kader Posyandu Desa Dero ini juga sangat membantu pelaksanaan kegiatan posyandu dan juga saat kegiatan harian di masyarakat. Penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pada masyarakat selalu di sosialisasikan oleh para kader Posyandu. Karena bagi Wiji Kader Posyandu merupakan ujung tombak setiap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

Pelaksanaan kegiatan Posyandu di Posyandu Melati, menurut bidan Wiji juga cukup antusias diikuti kaum ibu di desa tersebut. Para ibu yang membawa serta anaknya ke Posyandu selain mendapat pelayanan kesehatan bagi anak anaknya juga sekaligus bisa melakukan konsultasi kesehatan bagi dirinya, bagi anak anak dan bagi keluarganya termasuk cara menjaga kesehatan dan memperoleh asupan makanan bergizi dalam keluarga. 

Selain itu pelayanan imunisasi dasar yang diterima para balita di antaranya imunisasi DPT, campak, BCG, polio serta pemberian vitamin A, makanan pendamping ASI untuk anak usia 6-12 bulan, penimbangan berat badan di Posyandu. Beberapa fasilitas timbangan digital, timbangan gantung untuk anak Balita serta peralatan pemberian vitamin juga telah disiapkan oleh para kader.

Berdasarkan data Posyandu Melati dalam pelaksanaan kegiatan Posyandu terdapat sekitar 78 anak usia 0-4 tahun yang dibawa ke Posyandu tersebut. Menurut bidan Wiji anak - anak usia 0-4 tahun tersebut mendapat pelayanan diantaranya seluruhnya 78 anak ditimbang berat badan dan mendapatkan makanan tambahan.

Bidan Wiji juga menegaskan setiap anak yang dibawa ke Posyandu bahkan sejak lahir telah memperoleh buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) yang merupakan buku catatan perkembangan anak. Buku tersebut mencatat perkembangan kesehatan anak dimulai dari umur 0-5 tahun serta sejak sang ibu dalam masa kehamilan.

Selain buku tersebut juga posyandu memiliki buku register penimbangan Balita untuk mengetahui perkembangan berat badan anak setiap bulan sehingga perkembangan berat badan anak terpantau dari buku register tersebut.

Perhatian bagi perkembangan anak juga dilakukan selama kegiatan Posyandu yang dilakukan oleh para kader Posyandu dengan memberikan makanan tambahan yang memiliki nilai gizi. Pemberian makanan tambahan merupakan masakan para kader, berupa bubur kacang hijau, bubur instan dan roti yang diberukan kepada setiap Balita. 

Sementara itu bagi para Lansia khusus pelayanan posyandu lansia dilaksanakan setiap tanggal 27 untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berupa cek tekanan darah, serta penyuluhan untuk menjaga pola makanan serta pemberian obat tertentu bagi lansia yang memiliki keluhan kesehatan. Demikian pula untuk posyandu remaja Dero yang di laksanakan setiap tanggal 25 dalam setiap bulannya adalah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berupa cek tekanan darah, Tinggi badan, berat badan serta yang utama adalah penyuluhan yang bertujuan agar remaja mempunyai peran aktif yang positif di masyarakat agar tidak terjebak dalam hal yang negatif seperti narkoba, miras perkelahian, pernikahan dini dan lainnya.

Selain memilik sasaran dalam pelaksanaan Posyandu, bidan Wiji mengungkapkan tetap memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkaiut penyakit Muntaber serta penyakit demam berdatah (DBD) di musim penghujan. Penyuluhan tersebut juga dilakukan bekerjasama dengan pihak Puskesmas.

Baca Juga, Berita Sebelumnya : 

Hamba Allah
20 Januari 2023 11:50:24
Pemdes Dero Kompak Masyarakat Guyub Rukun... Josssssshhhhttt... Salam Dari Blitar Kawan....
Abdul Aziz
20 Januari 2023 11:48:33
Sukses selalu buat website Dero... Lanjutkan Mas Wo...
Mahmud Badaruddin
20 Januari 2023 01:06:16
Lanjutkan website Dero.. Ziiiiiippppp....
Lilik Tri Handayani
19 Januari 2023 19:18:23
Sukses untuk Pemdes & kader posyandu Desa Dero..

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.076
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.384.147
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.15.234.65
    Browser:Mozilla 5.0