SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Membangun Harmoni Keluarga dengan Saling Memahami dan Mengontrol Interaksi Sosial

03 Juni 2023 10:16:06  Suparno Wo Thekle  1.022 Kali Dibaca  Ragam Artikel Bermanfaat

Dero.desa.id - Hubungan harmonis dalam keluarga menjadi fondasi yang kuat bagi kebahagiaan dan kesejahteraan setiap individu di dalamnya. Dalam upaya memelihara keharmonisan tersebut, penting bagi setiap anggota keluarga untuk saling memahami dan mengontrol interaksi dengan orang di sekitar, termasuk teman-teman serta batasan dalam bercanda.

Mengerti dan memahami satu sama lain merupakan kunci utama dalam membangun hubungan yang harmonis di dalam keluarga. Ketika anggota keluarga saling memahami, mereka akan mampu menghargai perbedaan dan mendukung satu sama lain dalam menghadapi tantangan hidup. Hal ini mencakup keberanian untuk mendengarkan dan memberikan perhatian yang penuh pada perasaan, pemikiran, dan kebutuhan masing-masing anggota keluarga.

Namun, penting juga untuk memperhatikan bagaimana setiap anggota keluarga menjalani interaksi sosial dengan teman-teman di luar lingkungan keluarga. Meskipun pertemanan merupakan bagian penting dalam perkembangan sosial, mengontrol hubungan dengan teman-teman menjadi langkah yang perlu diterapkan. Ini tidak berarti membatasi kebebasan sosial, tetapi lebih mengarah pada memastikan bahwa hubungan tersebut tetap sehat dan mendukung nilai-nilai keluarga.

Selain mengontrol hubungan dengan teman, kontrol dalam bercanda juga diperlukan. Candaan ke teman yang melewati batas dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan konflik di dalam keluarga. Oleh karena itu, anggota keluarga harus saling memahami batasan-batasan dalam bercanda, dengan memperhatikan sensitivitas dan perasaan satu sama lain. Mengontrol candaan juga berarti menghindari komentar yang dapat merendahkan atau menyakiti orang lain.

Melalui kesadaran akan pentingnya saling memahami dan mengontrol interaksi sosial, keluarga dapat membangun harmoni yang kokoh. Ketika setiap anggota keluarga mampu memahami perasaan dan kebutuhan satu sama lain, hubungan di dalam keluarga akan terjalin dengan kuat dan saling mendukung. Selain itu, kontrol yang tepat dalam hubungan dengan teman dan dalam bercanda akan mencegah konflik dan menjaga suasana positif di dalam keluarga.

Mengembangkan kemampuan saling memahami dan mengontrol interaksi sosial adalah investasi jangka panjang bagi keluarga. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung bagi setiap anggota keluarga. Dengan adanya keharmonisan keluarga, individu-individu di dalamnya akan merasa lebih bahagia, bersemangat, dan mampu menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keharmonisan keluarga melalui saling memahami dan mengontrol interaksi sosial yang baik. (Wo Thekle).

Baca Juga Berita Sebelumnya: 

<marquee style="color:red"><direction="left" width="100%" height="15px"><font size="4"><b>TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI. SEMOGA BERMANFAAT !! KRITIK DAN SARAN SELALU KAMI HARAPKAN UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE DAN JUGA DESA DERO YANG LEBIH BAIK MELALUI KOLOM KOMENTAR.</b></font></direction="left"></marquee>

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:453
    Kemarin:6.237
    Total Pengunjung:1.768.477
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.234.244.181
    Browser:Tidak ditemukan