SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Memantau Tumbuh Kembang Balita Di Bulan Timbang Bersama Posyandu Melati Desa Dero.

20 Februari 2023 01:17:10  Suparno Wo Thekle  2.073 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id – Penimbangan merupakan langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Penimbangan yang rutin dilakukan setiap bulan di Posyandu, hal ini bertujuan untuk mengetahui atau deteksi dini apakah bayi /balita sakit atau tidak, kelengkapan Imunisasi dan mendapatkan penyuluhan gizi.

Pemerintah menerapkan bulan Pebruari dan Agustus sebagai bulan timbang bersamaan dengan pemberian Vitamin A pada balita, dengan harapan bahwa pada bulan-bulan tersebut kedatangan balita di posyandu juga meningkat. Pada bulan tersebut selain dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. Hasil penimbangan dan pengukuran tersebut dapat mencerminkan status gizi balita yang merupakan tolak ukur status gizi masyarakat.

Seperti yang dilaksanakan oleh Kader Posyandu Melati Desa Dero pada Minggu 19 Februari 2023 bertempat di Pendopo Kantor Desa Dero Kecamatan Bringin,  melaksanakan kegiatan Posyandu Balita Rutin setiap tanggal 19 di tiap bulannya. Tapi untuk kesempatan kali ini beda dari kegiatan biasanya, selain peserta posyandu yang hadir lebih banyak karena juga ada pelaksanaan bulan timbang.

Baca Juga:

Berdasarkan data dari Bidan Desa Dero, seluruh balita yang ada di Desa Dero aktif mengikuti kegiatan Posyandu secara rutin. Kegiatan Posyandu rutin tersebut meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian imunisasi, serta pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita. Sementara khusus untuk pemberian vitamin A dan obat cacing sudah di programkan pada Bulan Februari dan Agustus atau di kenal dengan bulan timbang.

Pada setiap pelaksanaannya, kesuksesan program Posyandu selalu hadir melalui semangat dari para Kader Posyandu dan peran serta orang tua balita yang rutin datang untuk melakukan timbangan bagi putra-putrinya. Hal tersebut sejalan dengan tingkat kesadaran dan semangat masyarakat desa dero utamanya bagi para orang tua terhadap tumbuh kembang dan kesehatan putra-putrinya. Tak hanya bagi orang tua balita, kegiatan Posyandu juga menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah Desa Dero. Selain itu, kegiatan Posyandu mampu menjadi akses layanan dasar kesehatan bayi dan balita di desa.

Kita tentu menyadari bahwa balita adalah calon generasi penerus bangsa, di mana masa pertumbuhan dan perkembang balita harus menjadi perhatian kita bersama. Kegiatan Posyandu di Desa Dero sendiri tercakup dalam Bidang Pemberdayaan Masyarakat yang didanai oleh Dana Desa( DD). Hal tersebut diberikan dengan sasaran utamanya adalah para balita dan Ibu hamil . Sementara untuk bentuk realisasinya yaitu pemberian makanan tambahan (PMT) bagi balita pada kegiatan Posyandu, pemberian susu untuk Ibu Hamil, PMT untuk balita dengan gizi kurang.

Dengan mempertimbangkan sisi kemanfaatatan kegiatan Posyandu tersebut, mari kita bersama menyukseskan Program Bulan Timbang Februari ini dengan semangat. Tidak lain, dengan kesuksesan program tersebut secara tidak langsung kita itut mengawal pertumbuhan dan perkembangan para generasi penerus bangsa tersebut agar mampu menjadi generasi sehat dan cerdas.

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.693
    Kemarin:17.065
    Total Pengunjung:3.519.047
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.136.26.99
    Browser:Mozilla 5.0