SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Mengenal Pencak Silat PSHT Rayon Dero Ranting Bringin

21 Desember 2022 23:08:42  Suparno Wo Thekle  15.238 Kali Dibaca  Ragam Artikel Kemasyarakatan

Dero.desa.id - Pencak Silat ialah seni bela diri Asia yang berakar dari budaya Melayu. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina dan Thailand. Seiring perjalanan waktu, seni bela diri warisan Melayu Nusantara ini mulai berkembang di Vietnam. Hal ini berkat peran para pelatih asal Indonesia.

Di tingkat nasional melalui permainan dan olahraga, pencak silat menjadi salah satu alat pemersatu, bahkan untuk mengharumkan nama bangsa, dan menjadi identitas bangsa. Olahraga melalui seni pencak silat ini sudah dipertandingkan di skala internasional.

Di Indonesia banyak sekali aliran-aliran dalam pencak silat, dengan banyaknya aliran ini menunjukkan kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indonesia dengan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Ada beragam dan banyak jenis pencak silat, Salah satunya yang populer dan terbesar dan disegani yakni pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

Di Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, PSHT sudah ada sejak tahun 1986 dan merupakan cikal bakal berdirinya PSHT Ranting Bringin karena tokoh - tokoh pendiri lahir di Desa ini dan sampai saat ini masyarakat Desa Dero 35 persen adalah anggota atau warga SH Terate, bahkan Kades Dero Ariyadi yang sekarang sudah menjabat 2 kali ini dan berserta 8 Perangkat Desa Dero adalah pengurus PSHT Ranting Bringin.

Latihan SH Terate di Rayon Dero di laksanakan setiap malam kamis dan malam minggu untuk siswa remaja dan untuk siswa dewasa setiap malam sabtu. Khusus siswa dewasa di pegang langsung oleh Ketua Ranting. Latihannya sendiri untuk rayon dero di Sekretariatan PSHT Ranting Bringin jalan Terate No 22 Dusun Dero Kidul Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi.

Puluhan remaja, orang dewasa dan anak-anak aktif berlatih. Di mulai selepas sholat Isya sampai pukul 22.00 wib  kalau malam kamis, dan pukul 02.00 wib untuk malam minggu. Para siswa ini berlatih berbagai gerakan seni pencak, mulai senam dasar, senam toya, jurus toya, kuncian, belati,  jurus dasar serta sambung dan yang utama adalah penyampaian wejangan atau pitutur luhur SH Terate yang di sampaikan langsung oleh Ketua Ranting Bringin agar anak didik menjadi insan manusia yang sesuai tujuan SH Terate yakni menjadi manusia yang berbudi pekerti yang luhur tau benar dan salah serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tak peduli hujan, mereka tetap semangat berlatih. Di bawah Komando Ketua PSHT Ranting Bringin, Sukiman yang merupakan Sekdes Desa Dero ini, pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate Rayon Dero Ranting Bringin Cabang Ngawi Pusat Madiun, sejak 1986 masih exist hingga sekarang.

 “Ada 35 siswa remaja dan 19 siswa dewasa yang ikut latihan di rayon Dero ini dan untuk satu Ranting Bringin sampai saat ini kurang lebih 200 siswa”, tutur Suparno, selaku Pelatih Ranting saat di temui Dero.desa.id  Rabu(21/12) malam.

Sementara dari salah satu orang tua siswa yang tidak mau di sebut namanya yang sedang menunggu anaknya pulang latihan saat di temui Dero desa.id mengatakan,

"Kulo remen sanget nitipke putra kulo latihan teng SH Terate Niki, amargi tujuanipun mboten olahraga utawi pencak mawon, nanging engkang langkung utami nggeh punika mendidik putra kulo dados pribadi engkang berbudi luhur lan saget bhekti teng tiang sepuh kekalih - bahasa jawa" (Saya senang sekali menitipkan anak saya ikut latihan di SH Terate ini, karena bertujuan tidak hanya untuk olahraga maupun latihan bela diri saja tetapi juga mendidik anak saya menjadi pribadi yang berbudi baik dan bisa berbhakti kepada kedua orangtua," Ungkapnya

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:426
    Kemarin:11.346
    Total Pengunjung:3.483.548
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.43.130
    Browser:Mozilla 5.0