SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Ayoo Ramaikan Prosesi Budaya Gebyar Semesta Insan PUPR Di Waduk Pondok

16 Maret 2023 00:29:57  Suparno Wo Thekle  590 Kali Dibaca  Berita Ngawi

Dero.desa.id - Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Ngawi akan melaksanakan Kegiatan Prosesi Budaya pada Sabtu - Minggu tanggal 18 - 19 Maret 2023 di Waduk Pondok.

Latar belakang dari kegiatan Ini adalah PUPR Ngawi ingin berkarya membangun fisik yang mampu mencerahkan kondisi batin Insan Ibu Pertiwi merupakan proses panjang menyatukan visi, merumuskan teknis dan menggerakkan peran material dan peran Spiritual.

Hal inilah yang mendorong fungsi PUPR harus mampu menjangkau semesta sehingga masyarakat benar- benar merasakan arti pentingnya pembangunan daerah sesuai Visi Bupati Ngawi.

Baca Juga :

Dan maksud serta tujuan dari kegiatan  Gebyar Semesta yang bertema Senopati Ibu Pertiwi Restu Bumi Ngawi ini yaitu Dinas PUPR Ngawi ingin menuangkan karya sosial dalam rangkaian prosesi budaya dan semarak seni tradisional untuk memperluas aksi kolaborasi dan tanggungiawab sosial demi kemajuan bersama, 

Kegiatan prosesi budaya yang di rangkum dengan nama Gebyar Semesta Insan PUPR dengan tema Senopati Ibu Pertiwi Restu Bumi Ngawi ini adalah penggambaran kepentingan masyarakat atas kebutuhan air sebagai sumber kehidupan dan wujud rasa syukur atas keberadaan air melimpah Waduk Pondok yang kemudian perlu kiranya masyarakat yang dialiri air Waduk menyatakan rasa terima kasih kepada desa- desa pemangku wilayah Waduk Pondok serta menyatukan Visi guyub rukun untuk kesejahteraan bersama.

Di bawah ini adalah urutan kegiatan prosesi budaya tersebut :

Prosesi Budaya 

  1. Pembukaan

Babad Dalan, Nebus Laku artinya membuka jalan, berjerih payah dan berkorban untuk keselamatan bersama melalui Giat Gema Sholawat, Selamatan Lihurmatil Auliya dan Pagelaran Ketoprak di Lapangan Dero yang dilaksanakan pada Sabtu tanggal 18 Maret 2023.

     

      2. Perjalanan Prosesi 

a. Kirab Kasenopaten, Napak Tilas "Tirto Mulyo.

Perjalanan Para Punggawa yang dipimpin seorang Senopati dari semua desa penerima air Waduk Pondok. Pelaksanaan pada Minggu tanggal 19 Maret 2023 mulai pukul 06.00 WIB dengan titik kumpul Lapangan Desa Sambiroto lalu berjalan menuju Lapangan Desa Dero. Sebelum berangkat pasukan Punggawa & Senopati diberikan amanat suci berupa Gelang Dan Kalung Kembang Monco Warno oleh anak-anak (Simbol Generasi)

b. Sesrahan Agung, Restu Bumi Ngawi.

Kegiatan penyerahan Tondo Tresno simbol penghargaan kepada Desa Pemangku Wilayah (Pemberi Air) berupa Ubo Rampe lambang pangan kemakmuran. Agenda ini dilakukan oleh para wanita/perempuan warga Desa Dero dan Lego Wetan Kecamatan Bringin.

Unduh Disini 

c. Bhakti Bumi Senopati

Prosesi penyerahan Lambang Kemakmuran bersama yang ditandai dengan pertemuan antar perwakilan Desa yang dipimpin langsung oleh Bupati Ngawi selaku Pemimpin Daeralh.

Penutupan 

Prosesi ditutup dengan Pagelaran Wayang dan Penyematan hadiah Lomba Balap Perahu Guyub Rukun dan Tasyakuran seluruh warga.

Lebih Jelasnya Urutan dan peserta Kegiatan Bisa di Unduh Disini 

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Unduh Lampiran:
Ayoo Ramaikan Prosesi Budaya Gebyar Semesta Insan PUPR Di Waduk Pondok Dengan Tema

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.879
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.383.950
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.139.88.97
    Browser:Mozilla 5.0