SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Tradisi Jawa Tebak Jenis Kelamin Bayi Pakai Kelapa Muda, Kearifan Lokal Penuh Makna

08 Februari 2024 23:49:20  Suparno Wo Thekle  10.680 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Masyarakat Jawa di Dusun Tegal Duwur, Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, masih melestarikan tradisi unik dalam menebak jenis kelamin bayi dalam kandungan, yaitu dengan menggunakan kelapa muda. Tradisi ini merupakan bagian dari upacara tingkepan atau mitoni yang dilakukan pada usia kehamilan 7 bulan.

Upacara ini di mulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yakni surat Mariam, surat Yusuf, surat Ar Rohman dan sholawatan yang di pimpin oleh Kyai dan di lanjutkan selamatan tingkeban yang di pimpin oleh sesepuh Dusun. Kesemuanya bertujuan untuk mendoakan bayi agar terlahir dengan normal, lancar, dan dijauhkan dari berbagai kekurangan dan bahaya.

Acara selamatan tingkeban yang di pimpin oleh sesepuh Dusun 

Pada Kamis malam, 8 Februari 2024, tradisi ini dilangsungkan di rumah Suratman. Putrinya, Novikah Ratma Puji, yang sedang mengandung 7 bulan, menjadi pusat acara.

Suratman mengatakan, "Tradisi ini sudah ada sejak zaman nenek moyang kami dan masih dilestarikan hingga sekarang. Selain untuk menebak jenis kelamin bayi, tradisi ini juga sebagai bentuk doa agar bayi yang lahir kelak sehat dan berbudi luhur." Ujar Suratman 

Ia menambahkan, "Upacara ini juga menjadi momen bagi keluarga dan kerabat untuk berkumpul dan mendoakan kelancaran persalinan." Tuturnya 

Pembacaan ayat suci Al-Quran yang di pimpin oleh Kyai 

Suratman pun berharap agar cucunya kelak terlahir dengan sehat dan membawa kebahagiaan bagi keluarga.

Dalam tradisi ini, Bambang, yaitu suami Novikah, memecah kelapa muda yang telah tulisi dengan tulisan arab atau diukir gambar Kamajaya dan Dewi Ratih (atau Arjuna dan Dewi Sinta di beberapa daerah) dengan kapak atau pisau besar. 

Jika cengkir terbelah sempurna, maka diramalkan bayi yang dikandung adalah laki-laki. Jika meleset, maka bayinya perempuan.

Tradisi ini merupakan bentuk kearifan lokal yang sarat makna. Kelapa muda melambangkan kesucian dan kesuburan, sedangkan gambar Kamajaya dan Dewi Ratih (atau Arjuna dan Dewi Sinta) melambangkan harapan agar bayi yang lahir kelak memiliki paras yang tampan/cantik dan budi luhur.

Meskipun tradisi ini tidak terbukti secara ilmiah, namun tradisi ini tetap dilestarikan sebagai bentuk budaya dan doa masyarakat Jawa untuk menyambut kelahiran sang buah hati.

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.225
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.384.296
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.188.139.97
    Browser:Mozilla 5.0