SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Kemarau Panjang, Petani Dero Gunakan Sumur Pompa Diesel dan Sibel

12 Oktober 2023 23:53:34  Suparno Wo Thekle  343 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Kemarau panjang yang melanda wilayah Kecamatan Bringin khususnya,  Kabupaten Ngawi umumnya, membuat petani di desa Dero kecamatan Bringin kabupatèn Ngawi harus memutar otak untuk mengairi lahan pertaniannya. Pasalnya, aliran air dari waduk pondok sudah tidak dibuka karena debit air yang semakin menyusut.

Suparno (41) salah satu petani di Desa Dero, mengatakan bahwa ia harus menggunakan sumur pompa diesel untuk mengairi lahan pertaniannya yang seluas satu hektar. Ia mengatakan bahwa biaya operasional bertambah untuk menggunakan sumur pompa diesel cukup mahal, yaitu sekitar Rp1 juta per bulan untuk membeli solar.

"Aliran waduk sudah di tutup karena debit airnya sudah sangat sedikit," kata Suparno saat ditemui Tim Dero.desa.id, Kamis (13/10/2023).

Hal senada juga diungkapkan Sumanto ( 52) , petani lain di Desa Dero. Ia mengatakan bahwa ia menggunakan sumur bor bertenaga listrik (Sibel) untuk mengairi lahan pertaniannya. Ia mengatakan bahwa biaya operasional untuk menggunakan Sibel juga cukup mahal, yaitu sekitar Rp150 ribu per airan.

Tampak Suparno sedang memperbaiki Sumur Pompa Diesel miliknya 

"Dalam satu airan, saya harus mengeluarkan biaya sekitar Rp150 ribu untuk beli pulsa Sibel listrik," kata Tri Wibowo.

Kedua petani tersebut berharap agar pemerintah segera memberikan bantuan kepada petani yang terdampak kemarau panjang. Mereka juga berharap agar hujan segera turun agar tanaman padi mereka tidak gagal panen.

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.162
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.384.233
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.218.6.213
    Browser:Mozilla 5.0