SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Ndaut Dan Tandur Menjadi Pemandangan Yang Trend Disaat Musim Tanam Padi Datang

28 Maret 2023 00:59:42  Suparno Wo Thekle  1.878 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Sudah menjadi kebiasaan petani bila mana waktu musim tanam padi datang para petani terlihat sibuk dipersawahan untuk beraktivitas disawah masing masing. Walaupun sudah jaman modern tetapi warga pedesaan khususnya pedesaan yang ada dikabupaten Ngawi tepatnya di Desa Dero Kecamatan Bringin  yang mayoritasnya adalah sebagai petani. Sehingga tidak luput atau tidak ketinggalan dengan kata kata yang sudah trend dari jaman nenek moyang sampai sekarang dibidang pertanian yaitu ” Ndaut dan Tandur”.

Baca Juga: 

Para ibu-ibu sedang tandur 

Kedua kata ndaut dan tandur tersebut adalah bahasa yang trend dimasyakat kabupaten Ngawi bila mana waktu musim tanam padi datang. Ndaut yaitu mencabut benih padi satu persatu untuk di ikat dikelompok - kelompokkan menjadi beberapa ikatan untuk mempermudah proses penanaman padi. Sedangkan tandur yaitu proses penanaman padi yang dilakukan petani secara tradisional, Yang biasanya tandur ini dikerjakan oleh para ibu ibu tani dengan tanam berjalan mundur.

Mungkin dijaman sekarang kata ndaut dan tandur sudah terdengar asing bagi anak anak pelajar sekarang yang mayoritasnya sudah serba modern. Dengan maksut uri - uri atau melestarikan pembelajaran tentang pertanian biar tidak terdengar asing maka ndaut dan tandur adalah bahasa yang trend, Untuk pemandangan di waktu musim tanam padi.

Baca Juga Berita Sebelumnya: 

<marquee style="color:red"><direction="left" width="100%" height="15px"><font size="4"><b>TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI. SEMOGA BERMANFAAT !! KRITIK DAN SARAN SELALU KAMI HARAPKAN UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE DAN JUGA DESA DERO YANG LEBIH BAIK MELALUI KOLOM KOMENTAR.</b></font></direction="left"></marquee>.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:401
    Kemarin:11.346
    Total Pengunjung:3.483.523
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.141.25.96
    Browser:Mozilla 5.0