SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Merajut Harmoni di Tengah Masyarakat: Latihan PSHT Rayon Dero Ranting Bringin Menjadi Bukti Semangat Membangun Budi Pekerti Luhur

16 Maret 2024 03:02:41  Suparno Wo Thekle  317 Kali Dibaca  Ragam Artikel Kemasyarakatan

Dero.desa.id - Semangat membara terpancar dari 10 siswa dewasa Rayon Dero Ranting Bringin saat mengikuti latihan PSHT atau SH Terate (Setia Hati Terate) pada Jumat (15/3/2024) malam. Diiringi gemerisik angin malam, mereka dengan tekun mengasah fisik dan mental, menapaki jalan menuju pencerahan budi pekerti luhur.

Bertempat di Sekretariat PSHT Ranting Bringin, tepatnya di jalan Terate No 22 Dusun Dero Kidul Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, Kang Mas Sukiman, selaku pemegang utama latihan, dengan penuh dedikasi menuntun para siswa. Gerakan demi gerakan diajarkan dengan seksama, diiringi nasihat-nasihat bijak tentang nilai-nilai luhur SH Terate.

"Latihan ini bukan hanya tentang fisik, tapi juga tentang membangun karakter dan mental yang kuat," Ujarnya saat memberikan Pitutur Luhur pada siswa déwasa 

Lebih lanjut, Kang Mas Sukiman menjelaskan bahwa SH Terate didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 di Pilangbangu, Madiun. Tujuannya mulia, yaitu untuk mendidik manusia berbudi pekerti luhur, memahami benar dan salah, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta memayu hayuning bawono (membuat dunia menjadi lebih baik).

"Jadi, latihan ini bukan hanya untuk belajar silat, tapi juga untuk menjadi manusia yang lebih baik," imbuhnya.

Kang Mas Sukiman yang juga merupakan Ketua PSHT Ranting Bringin Cabang Ngawi menambahkan bahwa SH Terate adalah ilmu untuk mempelajari dan mengenal diri sendiri dengan sebaik-baiknya.

Kang Mas Sukiman sedang memberikan Pitutur Luhur pada Siswa Dewasa 

"Dengan mengenal diri sendiri atau mawas diri, hidup ini akan terkendali, hati menjadi tenang, dan semakin yakin bahwa Allah Swt. Maha Kuasa atas segala sesuatu," terangnya

Ia juga berharap siswa dewasa ini nantinya dalam menjalani kehidupan sehari-hari harus mencerminkan 5 karakter jiwa SH Terate:

  1. Berjiwa Budi luhur tau benar dan salah beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Pemberani tidak takut mati
  3. Soal kecil atau remeh mengalah soal prinsip bertindak
  4. Sederhana
  5. Orang SH Terate harus suka memayu hayuning bawana

Semangat Ki Hadjar Hardjo Oetomo ini terus dihidupkan di Rayon Dero Ranting Bringin. Para siswa dewasa, dengan latar belakang yang beragam, bersatu padu dalam latihan, saling menguatkan dan menyemangati.

"Saya ingin belajar bela diri yang benar dan berbudi luhur," ungkap Lilin, salah satu Siswa perempuan.

"Di sini, saya tidak hanya belajar teknik silat, tapi juga nilai-nilai moral dan spiritual yang penting dalam kehidupan." Jelas Lilin

Latihan SH Terate di Rayon Dero Ranting Bringin menjadi bukti nyata bahwa semangat membangun budi pekerti luhur masih hidup dan berkembang di tengah masyarakat. Sebuah warisan budaya yang patut dilestarikan, demi mewujudkan dunia yang lebih damai dan harmonis.

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.509
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.383.580
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.15.22.59
    Browser:Mozilla 5.0