SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Menengok Tradisi "Methil" Yang Masih Lestari Di Desa Dero

07 Maret 2023 09:55:18  Suparno Wo Thekle  1.736 Kali Dibaca  Ragam Artikel Kemasyarakatan

Dero.desa.id – Meskipun zaman sudah semakin modern, sebagian kecil masyarakat di Kabupaten Ngawi ternyata masih menjalankan tradisi warisan leluhur.

Salah satunya tradisi di kalangan petani yang biasa disebut methil atau boyong padi. Meski sudah banyak tergeser dan dilupakan, sebagian petani masih setia melakukannya.

Seperti di Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi. Salah satu sesepuh yakni Kasmun (75) warga Dusun Tegal Duwur Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, masih rutin menjalankan tradisi methil setiap musim padi tiba.

Baca Juga:

Ia menyampaikan methil dalam tradisi Jawa merupakan ritual kecil-kecilan di tengah sawah sebelum padi di panen.

Upacara tersebut mirip dengan kondangan atau kenduren pada umumnya. Namun digelar oleh setiap petani di petak sawahnya sendiri-sendiri.

Acara kenduren itu digelar dengan menyiapkan nasi, ingkung ayam, kerupuk dan lauk-pauk lengkap. Semua sajian itu ditaruh di daun pisang dan daun jati lalu dilengkapi dengan merang dan kemenyan untuk di bakar terlebih dahulu sebelum didoakan bersama.

“Tradisi methil padi itu adalah wiwitan boyong mbok Dewi Sri. Itu sebagai ujub syukur atas padi yang sudah akan dipanen,” paparnya Selasa (8/02).

Tradisi methil juga dilakukan di sawah Suparno (40) yang merupakan Kepala Dusun Tegal Duwur. Suparno menuturkan tradisi methil itu merupakan warisan leluhur dan dijalankan turun temurun.

Tujuannya sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah yang telah memberikan nikmat atas hasil padi yang baik siap panen, dijauhkan dari hama sehingga berkualitas dan panen melimpah.

”Kalau orang Jawa percaya methil ini agar bisa ayem tentrem dan bisa bermanfaat pagi pemilik sawah. Ini boyong Mbok Sri untuk dibawa ke rumah agar bisa ayem tentrem padinya bermanfaat,” jelasnya.

Menurut Suparno, tradisi methil juga merupakan salah satu sarana leluhur dulu mendekatkan diri pada sang pencipta.

Tujuannya adalah minta keselamatan dan kelancaran serta dijauhkan dari bahaya maupun hama yang bisa merusak tanaman padi.

“Ini sarana berdoa dan bersyukur karena tanaman padi dijauhkan dari penyakit. Tradisi ini harus diuri-uri. Karena apa, kita ini orang Jawa ya minta berkah pada sang pencipta yang bisa memberikan rezeki nikmat melalui padi disawah ini,” ujarnya 

Lanjut Suparno," Dan alhamdulillah walaupun masyarakat tidak semuanya melakukan tradisi methil ini, untuk tradisi methil di desa dero secara umum masih lestari sampai saat ini" pungkasnya 

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.212
    Kemarin:17.065
    Total Pengunjung:3.519.566
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.225.98.191
    Browser:Mozilla 5.0