SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Sambatan: Bukti Nyata Kepedulian dan Semangat Gotong Royong di Era Modern

05 Juli 2024 23:10:16  Suparno Wo Thekle  98 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero desa.id - Di tengah arus modernisasi dan individualisme, semangat gotong royong masih terjaga dan dilestarikan di Dusun Tegal Duwur, Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. Tradisi Sambatan, yang merupakan kegiatan membangun rumah bersama-sama secara sukarela, menjadi bukti nyata kegotongroyongan dan kepedulian warga terhadap sesama.

Tradisi Sambatan di Dusun Tegal Duwur telah berlangsung sejak lama dan menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Saat ada warga yang ingin membangun atau menggeser rumah, puluhan orang dari dusun tersebut akan datang dengan sukarela untuk membantu. Tanpa upah atau imbalan, mereka bahu-membahu mengerjakan berbagai pekerjaan, mulai dari membersihkan lokasi, mengangkat balok, hingga memasang genteng.

“Sambatan ini adalah bentuk kebersamaan dan kepedulian warga terhadap sesama. Semua orang saling bergandengan tangan, membantu dengan ikhlas tanpa pamrih,” ujar Suparno selaku Kepala Dusun Tegal Duwur, Kamis (04/07) pagi.

Lebih dari sekadar membangun rumah, Sambatan juga menjadi ajang berjejaring sosial dan mempererat ikatan antarwarga. Saling membantu dan bahu-membahu dalam kebaikan ini menjadi cerminan semangat gotong royong yang masih terpatri kuat dalam batin masyarakat Dusun Tegal Duwur.

Suparno berharap tradisi Sambatan ini akan terus lestari dan tidak pudar seiring perjalanan zaman. Ia pun mengajak masyarakat di wilayah lain untuk mencontoh semangat gotong royong yang tertanam dalam tradisi Sambatan.

“Semoga semangat gotong royong melalui budaya Sambatan akan menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas masyarakat kita dan tetap menginspirasi generasi mendatang untuk selalu membantu sesama tanpa pamrih,” pungkasnya.

Baca Juga Berita Sebelumnya : 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:13.940
    Kemarin:10.798
    Total Pengunjung:2.920.523
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.194.255
    Browser:Tidak ditemukan