SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

"Karnaval Agustusan" Momentum untuk Mengisi Kemerdekaan dan Menjaga Kebhinekaan

26 Agustus 2023 15:58:58  Suparno Wo Thekle  3.342 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Karnaval Agustusan merupakan salah satu tradisi yang sering diselenggarakan di Indonesia untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Karnaval ini biasanya diramaikan dengan berbagai macam kegiatan, seperti pawai, pertunjukan seni budaya, dan hiburan lainnya.

Karnaval Agustusan tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan kemerdekaan, tetapi juga menjadi momentum untuk menjaga kebhinekaan. Hal ini terlihat dari keragaman peserta dan kegiatan yang ditampilkan dalam karnaval.

Peserta karnaval Agustusan biasanya berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, masyarakat umum dan juga instansi atau lembaga pemerintah. Mereka menampilkan berbagai macam kostum dan penampilan yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia.

Kegiatan-kegiatan yang ditampilkan dalam karnaval Agustusan juga beragam, mulai dari pertunjukan tari, musik, dan pencak silat, hingga atraksi barongsai dan ondel-ondel. Hal ini menunjukkan bahwa karnaval Agustusan merupakan ajang untuk mempersatukan masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang.

Maskot Tim Karnaval dari Desa Dero 

Karnaval Agustusan menjadi sarana untuk mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat luas. Selain itu, karnaval ini juga menjadi ajang untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam konteks kekinian, karnaval Agustusan juga menjadi momentum untuk mengkampanyekan nilai-nilai Pancasila. Hal ini terlihat dari tema-tema karnaval yang sering mengangkat nilai-nilai Pancasila, seperti yang di laksanakan pemerintah Kecamatan Bringin, pada tanggal 16 Agustus 2023 yang lalu mengangkat tema"Semangat Bhinneka Tunggal Ika, Seni dan Budaya Terus Maju untuk Indonesia Maju".

Replika Tugu Gading 

Karnaval Agustusan menjadi salah satu upaya untuk mengisi kemerdekaan dan menjaga kebhinekaan. Karnaval ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan dan menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan karnaval Agustusan di berbagai daerah di Indonesia. (Wo).

Tonton Videonya Klik Disini 

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:5.970
    Kemarin:12.300
    Total Pengunjung:3.917.086
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.15.26.135
    Browser:Mozilla 5.0