SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Memaknai Istilah " Sepiro Gedening Sengsoro Yen Tinompo Amung dadi Coba dalam SH Terate

16 Februari 2023 01:17:38  Suparno Wo Thekle  30.641 Kali Dibaca  Ragam Artikel Bermanfaat

Desa.dero.id– Ujian atau cobaan akan selalu menghiasi kehidupan manusia. Manusia diciptakan dan dilahirkan di muka bumi ini adalah untuk berjuang. Kehidupan yang tanpa perjuangan adalah kehidupan nanti setelah kematian kita, setelah terompet sangkala di tiup. Di sana hanya ada dua kehidupan, kehidupan kesengsaraan dan kehidupan penuh kenikmatan. Namun, sebagai manusia yang masih hidup di dunia fana ini, kesengsaraan dan kenikmatan hidup akan selalu seiring sejalan. Tidak ada manusia yang selalu bahagia penuh kenikmatan, dan tidak ada pula manusia yang selalu sengsara.

Di bawah ini, gambaran kecil latihan SH Terate di Rayon Dero Ranting Bringin yang bertempat di Sekretariatan PSHT Ranting Bringin jalan Terate No 22 Dusun Dero Kidul Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi 

Baca Juga: 

Selain di beri materi fisik, senam, jurus, senam toyak dan kripen ( kuncian) dan lain sebagainya, Siswa di SH Terate di didik sesuai tujuan sh Terate yaitu agar menjadi manusia berbudi pekerti luhur sehingga tau sifat benar dan salah serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Di sini siswa SH Terate di gembleng agar juga mempunyai jiwa atau mental baja dan tidak mengeluh.

Keyakinan akan kesengsaraan sebagai cobaan hidup itu diyakini oleh semua keyakinan agama. Termasuk di organisasi bela diri SH Terate pun mempunyai keyakinan yang sama. Karena di SH Terate ada kata mutiara Sepiro gedhening sengsoro yen tinompo amung dadi coba yang mengandung maksud (Sebesar apapun kesengsaraan atau kesusahan yang kita hadapi kalau kita terima dengan iklhas dan lapang dada, semuanya itu hanyalah sekedar cobaan semata untuk kita).

Tuhan Yang Maha Penyayang tidak akan pernah memberikan cobaan hidup melebihi kemampuan hamba-Nya. Seberapapun beratnya cobaan dan kesengsaraan hidup yang kita alami, itu artinya kesengsaraan dan cobaan hidup itu sanggup kita pikul dan tanggung. Tidak ada maksud Tuhan dengan memberikan cobaan dan kesengsaraan itu kecuali untuk memuliakan hamba-Nya.

Cobaan tidak akan pernah lepas dari kehidupan. Namun kita yakini bahwa dalam setiap ajaran kebaikan selalu ditanamkan bahwa ada dua unsur yang selalu berkaitan, kesengsaraan ada kemudahan. Dalam agama Islam pun dikatakan bahwa ada kesulitan pasti juga ada kemudahan, di balik kesulitan ada kemudahan.

Dari sini dapat kita tarik kesimpulan bahwa sebagai manusia, khususnya manusia SH yang selalu ber-SH, tidak boleh mengeluh, tidak boleh menyerah dengan tantangan, kesengsaraan, dan cobaan hidup. Karena seberapapun besarnya kesengsaraan jika diterima dengan ikhlas maka itu hanya akan menjadi cobaan. Karenanya kita mesti ingat bahwa Tidak ada maksud Tuhan dengan memberikan cobaan hidup kecuali untuk memuliakan hambanya. Untuk saudara-saudara yang sedang dicoba dengan cobaan yang sangat berat, bersabarlah. Ingat pepatah di atas, ingat ajaran agama dan ingat juga didikan Budi luhur SH Terate.

Tonton videonya di bawah ini:

https://youtu.be/JLjuO-JamIY

https://vt.tiktok.com/ZS8aLXNWm/

https://vt.tiktok.com/ZS8aL4njA/

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:884
    Kemarin:11.346
    Total Pengunjung:3.484.006
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.225.72.92
    Browser:Mozilla 5.0