SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Pentingnya Bersikap Mawas Diri, Agar Tak Terjatuh Dalam Kesombongan Dan Terjerembab Nista

12 Desember 2022 01:45:16  Suparno Wo Thekle  24.013 Kali Dibaca  Ragam Artikel Bermanfaat

Dero.desa.id - Mawas diri atau mengenal diri sendiri itu adalah bagian dari upaya mengolah keheningan batin demi kebaikan manusia. Inspirasi lima watak rila, nrima, temen, sabar dan berbudi luhur harus ditopang sikap aja dumeh lan aji mumpung. Apa itu dan maknanya dalam rangka mawas diri? Kita simak yuk.

Falfasah itu merupakan gambaran manusia yang sadar diri sesudah mawas diri dalam mistik kejawen. Kiranya dalam semua agama dan kepercayaan, hal serupa juga diajarkan. Nah maka Panjenengan bisa menambahkannya dalam kolom komentar.

Sikap aja dumeh lan aja aji mumpung itu cerminan sikap mawas diri yang tak mudah dihayati. Biasanya, watak aja dumeh lan aja aji mumpung tampak dalam pitutur luhur: aja dumeh pinter, kuasa lan sugih. Aja dumeh gagah prakosa. Itu adalah sikap mentang-mentang sewenang-wenang. Inilah yang biasanya menjadi nurani untuk tidak terjebak sikap rakus dan serakah tamak mengejar materi apalagi dengan korupsi.

Saat orang mampu bersikap aja dumeh lan ora aji mumpung, maka ia juga akan memiliki rasa tepa selira marang sapada-pada. Apa artinya? Yang bersangkutan akan lebih memiliki kepekaan dan belarasa pada sesama. Maka tak akan bersikap sewenang-wenang.

Itulah pentingnya bersikap mawas diri agar tidak jatuh dalam kesombongan dan terjerembab dalam kenistaan. Selalu mawas diri menjadi perilaku luhur yang membuat hidup kita diberkati Tuhan, entah dengan cara apa pun kita menyebut dan menyembahNya. ( Wo)

 

 

Ainul Hikmah Syafa aat
02 April 2024 07:37:56
Boleh gabung

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:307
    Kemarin:15.023
    Total Pengunjung:2.254.224
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.239.11.178
    Browser:Tidak ditemukan