SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Menilik Tradisi Selamatan Sebelum Mulai Pembangunan Di Desa.

15 Desember 2022 14:59:08  Suparno Wo Thekle  902 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Slametan atau selamatan adalah tradisi yang paling sering dilakukan masyarakat. Pada Prakteknya slametan dilakukan dengan cara mengundang beberapa tetangga dan kerabat. Kemudian berkumpul dan melakukan doa bersama. Diakhiri dengan makan bersama. Tujuan utama dari slametan adalah mendapat keselamatan dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. Slametan juga merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur.

Selamatan juga sering dilakukan di saat akan memulai suatu pembangunan atau pengerjaan proyek, seperti yang saat ini dilakukan beberapa warga Dusun Dero Kidul, Kepala Desa Dero bersama Perangkat Desa, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat yang melaksanakan Selamatan dan Doa bersama sebelum memulai pembangunan Paud di lingkungan RT 05 RW 04 Dusun Dero Kidul Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi, Kamis(15/12/2022).

Dikatakan Kepala Desa Dero, Ariyadi tentang slametan ini tentu saja ada pelajaran yang dapat dipetik. Kebersamaan adalah mutlak diperlukan manusia sebagai makhluk sosial. Slametan juga mengajarkan untuk berbagi (sedekah) kepada sesama.

"Puncaknya slametan mengajarkan kita untuk selalu mengingat Tuhan dalam melakukan semua hal. Baik itu sebelum maupun sesudah. Karena sejatinya kehidupan hanya bersumber dari Tuhan Yang Maha Segalanya" pungkasnya.

Desi Mamai
04 Maret 2024 11:14:17
Sangat bagus tradisinya,

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:676
    Kemarin:6.237
    Total Pengunjung:1.768.700
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.234.244.181
    Browser:Tidak ditemukan