SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Menengok Tradisi Warga Desa Dero Saat Ada Orang Meninggal

01 Februari 2023 07:08:32  Suparno Wo Thekle  16.253 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Sudah menjadi tradisi dikalangan masyarakat muslim, ketika ada sanak saudara atau keluarga yang meninggal dunia, maka akan diadakan acara tahlilan yang bertujuan untuk mendoakan orang yang telah meninggal tersebut, seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Dero Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. Selasa (31/1) malam.  

Apabila ada orang yang meninggal maka akan diumumkan dimasjid melalui pengeras suara. Setelah mendengar pengumuman tersebut sanak saudara dan para tetangga akan berbondong-bondong mendatangi rumah duka untuk membantu persiapan mengurus jenazah, para ibu-ibu membantu memasak, sedangkan bapak-bapak akan membantu menggali kubur dan mempersiapkan keranda untuk memandikan.

Setelah jenazah selesai dimakamkan maka selanjutnya persiapan untuk melakukan acara tahlilan. Tahlilan ini biasanya akan dilakukan selama 7 hari sejak hari kematian. Acara tahlilan ini bertujuan untuk mendoakan si mayit agar amal sholihnya diterima dan di ampuni semua kesalahan yang diperbuat.

Para jamaah tahlil akan disuguhkan sedekah berupa makanan , kue atau mie instan yang sebelumnya telah disiapkan oleh anggota keluarga yang ditinggalkannya. Setiap hari kerabat dekat dan para tetangga akan datang untuk membantu mempersiapkan makanan yang akan disuguhkan kepada para jamaah tahlil, selain itu para tetangga atau sanak famili datang untuk takziyah( melayat) dengan membawa buah tangan berupa beras, minyak goreng, mie ,gula dan kue (roti). Setelah acara 7 hari para tetangga atau saudara yang telah membantu akan diberi sedikit bingkisan,setiap bingkisan tersebut berisi bahan- bahan pangan, contohnya seperti beras, telur, sabun mandi serta rinso.

Tradisi tahlilan ini biasanya berlanjut saat 40 hari, 100 hari , 1 tahun, dan 1000 hari. Pada hari- hari tersebut tuan rumah ( keluarga duka) akan mengundang para tetangga atau sanak saudara untuk melakukan pembacaan tahlil. Mereka para tetangga atau sanak saudara yang diundang akan datang dengan membawa buah tangan seperti yang dijelaskan diatas.

Baca Juga Berita Sebelumnya: 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:6.259
    Kemarin:12.300
    Total Pengunjung:3.917.375
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.135.201.52
    Browser:Mozilla 5.0