SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Mengenal Malam Anggara Kasih dalam Persepsi Masyarakat Jawa

12 Juni 2023 23:40:52  Suparno Wo Thekle  40.129 Kali Dibaca  Ragam Artikel Kemasyarakatan

Dero.desa.id - Senin 12 Juni 2023 dalam kalender Jawa, merupakan hari Senin Wage atau Malam Selasa Kliwon. Malam Selasa Kliwon dianggap memiliki aura mistis yang tak kalah dengan malam Jumat Kliwon. Banyak yang meyakini bahwa malam ini adalah saat para makhluk gaib berkeliaran, terutama arwah-arwah penasaran yang meninggal secara mendadak.

Dalam tradisi budaya Jawa dan Bali, Kliwon merujuk pada nama hari dalam sepasar atau pancawara, yaitu minggu dengan lima hari. Hari Selasa Kliwon memiliki julukan khusus yaitu "Anggara Kasih" dan dianggap sebagai hari yang istimewa dalam budaya Jawa dan Bali.

Asal mula keistimewaan malam Selasa Kliwon berakar pada praktik spiritual para leluhur. Malam ini menjadi puncak dari tradisi puasa selama 40 hari yang dilakukan oleh masyarakat Jawa.

Hitungan dalam kalender Jawa memiliki makna mendalam, mencakup perhitungan hari, pasaran, dan weton (kombinasi hari dan pasaran) hari kelahiran seseorang. Pada saat sore hari, hitungan kalender Jawa telah memasuki hari berikutnya, termasuk hitungan primbon dan hal-hal mistis atau sakral seperti malam Jumat dan malam Selasa. Saat ini, kita memasuki malam Selasa Kliwon dalam penanggalan Jawa.

Malam Selasa memiliki tingkat kekhawatiran yang serupa dengan Malam Jumat, bahkan lebih mencekam. Dalam perhitungan pasaran, Selasa Kliwon memiliki neptu 11 dari hitungan Selasa (neptu 3) dan Pasaran Kliwon. Jumlah neptu ini menjadi pertimbangan dalam meramalkan nasib atau karakteristik individu yang lahir pada hari Selasa Kliwon.

Dalam kalender Jawa, masyarakat mengenal "Malam Anggoro Kasih" sebagai julukan untuk Selasa Kliwon, yang memiliki makna "malam penuh kasih sayang". Oleh karena itu, Pasaran Kliwon dianggap penting dan sakral dalam kehidupan masyarakat Jawa. Selama malam ini, banyak orang melaksanakan ritual atau upacara sebagai bentuk penghormatan dan untuk memohon perlindungan dari dunia gaib.

Meskipun memiliki sisi mistis dan diyakini dengan kuat oleh masyarakat setempat, penting untuk diingat bahwa hal-hal seperti Selasa Kliwon merupakan bagian dari kebudayaan dan kepercayaan lokal. Bagi mereka yang tidak mempercayainya, malam ini tetap dianggap sebagai hari biasa dalam kalender Gregorian yang umum digunakan secara global.

Di kutip dari berbagai sumber 

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.561
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.383.632
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.222.119.236
    Browser:Mozilla 5.0