SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Mengenal Lebih Dekat Istilah Kondangan Sebagai Kekayaan dan Keragaman Budaya Indonesia

10 Juli 2023 19:41:35  Suparno Wo Thekle  8.144 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Adat dan budaya merupakan identitas bangsa Indonesia yang kaya dan beragam. Salah satu tradisi yang sudah berlangsung sejak lama dalam masyarakat Indonesia adalah kondangan, sebuah istilah yang mengacu pada menghadiri pesta pernikahan atau acara lainnya sebagai undangan.

Kondangan adalah sebuah tradisi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Ketika menghadiri kondangan, orang-orang cenderung mengenakan pakaian yang sesuai dengan tema atau dress code yang telah ditentukan oleh tuan rumah. Baju kebaya, baju adat, atau pakaian formal lainnya adalah beberapa contoh pakaian yang umum dikenakan pada acara kondangan.

Selain pakaian, adat istiadat seputar kondangan juga berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Misalnya, di Jawa, acara kondangan biasanya dimulai dengan upacara siraman, yang dilakukan oleh calon pengantin sebelum pernikahan. Siraman adalah prosesi adat di mana calon pengantin mandi dengan air bunga yang didoakan agar pernikahannya berjalan lancar.

Selain itu, kondangan di Indonesia juga terkenal dengan hidangan makanan yang lezat. Setiap daerah memiliki hidangan khasnya masing-masing. Misalnya, di Jawa, hidangan yang biasa disajikan pada kondangan adalah soto, nasi pecel, nasi goreng, dan hidangan lainnya yang menggugah selera.

Sambil ngobrol para tamu menikmati minuman 

Namun, kondangan bukan hanya tentang pakaian dan makanan semata, melainkan juga merupakan momen berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Saat menghadiri kondangan, tamu biasanya memberikan hadiah atau ucapan selamat kepada pengantin sebagai bentuk dukungan dan doa untuk kehidupan pernikahan yang bahagia dan langgeng.

Tradisi kondangan menjadi sarana penting dalam melestarikan keberagaman budaya di Indonesia. Selain itu, kondangan juga menjadi ajang silaturahmi antara warga setempat, terutama ketika acara tersebut dihadiri oleh tamu dari berbagai daerah atau keluarga yang jarang bertemu.

Para tamu undangan juga menikmati hiburan 

Kondangan, sebagai bagian dari tradisi adat dan budaya Indonesia, memiliki ciri khas yang beragam di setiap daerahnya. Melalui kondangan, kita dapat lebih mengenal dan mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia yang beraneka ragam, serta menunjukkan rasa hormat terhadap adat istiadat yang berlaku di masyarakat.

Dengan semakin mengenal istilah kondangan hajatan, diharapkan masyarakat Indonesia dapat terus menjaga dan melestarikan tradisi ini. Kondangan merupakan salah satu wujud nyata dari kekayaan budaya bangsa yang perlu dilestarikan dan diwariskan kepada generasi mendatang.

Baca Juga Berita Sebelumnya: 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.961
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.384.032
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.116.28.179
    Browser:Mozilla 5.0