SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Menengok Peran Vital Pelatih dalam Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate)

02 Juli 2023 11:16:18  Suparno Wo Thekle  1.977 Kali Dibaca  Ragam Artikel Kemasyarakatan

Dero.desa.id - Dalam organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate), peran seorang pelatih memiliki kedudukan yang sangat vital dalam perkembangan organisasi sejak tahun 1922. Pelatih, yang dipanggil dengan sebutan Kakak, memiliki tanggung jawab untuk mengajarkan dan membimbing siswa, yang dipanggil dengan sebutan Adik, dalam berbagai aspek kehidupan agar menjadi insan manusia yang berbudi luhur sesuai dengan tujuan SH Terate.

Pelatih dalam SH Terate tidak hanya mengajarkan keterampilan bela diri Pencak Silat SH Terate, tetapi juga nilai-nilai budi pekerti yang tinggi. Dengan penuh ketulusan dan kasih sayang, pelatih menghibahkan ilmunya tanpa mengharap imbalan jasa. Mereka sabar dan telaten dalam membimbing siswa agar menjadi Pendekar SH Terate yang handal, trengginas, dan memiliki sikap pemberani serta santun.

Menjadi seorang pelatih dalam SH Terate bukanlah tugas yang mudah. Mereka harus memiliki kelonggaran jiwa dan komitmen yang kuat. Seorang pelatih tidak hanya menjadi sosok yang disegani dan menjadi kebanggaan para siswanya, tetapi juga harus menjadi figur panutan dalam kehidupan pribadi maupun sebagai anggota masyarakat.

Meskipun tidak disadari, pelatih dengan ikhlas menginfakkan ilmunya kepada siswa-siswanya. Tindakan ini sangat mulia dan menjadi amal yang tidak semua orang mampu lakukan. Setiap siswa hadir dalam latihan dengan satu tujuan yang sama, yaitu untuk belajar dan mendalami senam, jurus, dan materi lainnya agar benar-benar menguasai Pencak Silat SH Terate. Semua ini berkat jasa Sang Pelatih.

Pelatih PSHT Ranting Bringin, Suparno dan Sutrisno sedang memegang dan menggerakkan siswanya di Padepokan Agung Madiun.

Meski Sang Pelatih telah wafat, mereka masih menerima doa dari warga yang pernah merasakan sentuhan ilmunya. Keikhlasan dan kesabaran Sang Pelatih dalam membentuk karakter siswa menjadi bekal yang akan membawa kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, para pelatih di SH Terate patut berbahagia karena telah menjalankan tugas kepelatihan dengan niat ibadah, kesabaran, dan keikhlasan. Semoga Allah SWT memberikan kesehatan, kesabaran, ketulusan, dan keikhlasan bagi para pelatih dalam menjalankan tugas mereka.

Suparno, salah satu pelatih Ranting Bringin sedang memberikan arahan kepada siswanya agar siswa mengamalkan didikan Budi luhur SH Terate 

Melalui pengorbanan dan keikhlasan pelatih, Persaudaraan Setia Hati Terate dapat terus berkembang dan mewariskan nilai-nilai luhur kepada generasi penerus. Kewajiban bagi seluruh anggota SH Terate untuk mengamalkan ilmu yang mereka peroleh dari pelatih, menjadikan mereka manusia yang berbudi pekerti, kuat jasmani dan rohani, serta mampu memayu hayuning bawono karena Allah SWT.

Dalam perjalanan mencapai tujuan tersebut, pelatih harus melupakan jasa dan kebaikan pribadi, mengingat pujian sejati datang dari Tuhan yang Maha Melihat. Dengan semangat dan dedikasi, para pelatih di SH Terate terus berjuang dalam melatih dengan tujuan yang tulus dan menginspirasi generasi mendatang.

Baca Juga Berita Sebelumnya: 

Edy purnama
21 Februari 2024 00:53:23
Assalamu'alaikum maaf saya mau tanya Apa boleh warga tanpa memakai sakral menyepir siswa nya pada saat latihan berlangsung??

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:462
    Kemarin:6.237
    Total Pengunjung:1.768.486
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.234.244.181
    Browser:Tidak ditemukan