SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Menelaah Arti " Ojo Mung Krido Lumahing Asto"

02 Mei 2023 07:41:05  Suparno Wo Thekle  3.197 Kali Dibaca  Ragam Artikel Kemasyarakatan

Dero.desa.id - Pernahkah kamu merasa bahwa kita seringkali lebih banyak meminta daripada memberikan? Terkadang, kita terlalu fokus pada apa yang negara atau pemerintah sudah berikan kepada kita, tanpa memikirkan apa yang sebenarnya kita bisa berikan untuk negara. Namun, sebagai insan manusia yang hidup di dalam suatu negara, bukanlah hanya hak kita untuk meminta, tetapi juga kewajiban kita untuk memberikan yang terbaik bagi lingkungan sekitar.

Di kutip dari berbagai sumber, Kridha artinya gerak, gerakan atau tindakan. Asta artinya tangan. Lumahing berasal dari kata lumah yang berati telentang. Secara keseluruhan "kridha lumahing hasta" artinya gerakan menengadahkan tangan. Esensi dari kalimat "kridha lumahing hasta" mencerminkan sikap yang hanya ingin menerima, berharap atau menuntut untuk menerima sebagai lawan dari sikap memberi dan berkorban.

Istilah "Ojo Mung Krido Lumahing Asto" kalau bisa di implementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari adalah sebuah peringatan yang mengajak kita untuk tidak hanya berfokus pada apa yang kita harapkan, tetapi juga harus fokus pada apa yang kita bisa berikan. Negara atau pemerintah memang memiliki tanggung jawab besar dalam memajukan dan melindungi rakyatnya, namun sebagai individu yang hidup di dalam negara tersebut, kita juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya.

Sebagai warga negara yang baik, kita bisa memberikan yang terbaik untuk negara dengan cara yang beragam. Salah satunya adalah dengan mematuhi aturan dan hukum yang berlaku. Kita juga bisa turut serta dalam kegiatan sosial dan kegiatan yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar, seperti kegiatan kebersihan, penyediaan sumber daya air bersih, dan sebagainya. Kita juga bisa membantu negara dalam memajukan bidang-bidang tertentu, seperti pendidikan, kesehatan, dan teknologi, melalui donasi atau partisipasi aktif dalam program-program yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Selain itu, sebagai warga negara yang baik, kita juga harus menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus memperlihatkan sikap yang baik terhadap sesama warga negara, termasuk dalam hal kebersihan, kedisiplinan, dan kerjasama. Kita juga harus bersikap jujur dan bertanggung jawab dalam setiap tindakan yang kita lakukan.

Dalam menjalankan peran sebagai warga negara yang baik, kita juga harus menyadari bahwa semua upaya yang kita berikan tidak selalu menghasilkan hasil yang langsung terlihat. Namun, setiap tindakan kecil yang kita lakukan untuk negara, akan menjadi bahan bakar untuk memajukan dan membangun negara ke depannya. Kita harus mengambil sikap yang proaktif dalam memberikan yang terbaik untuk negara, bukan hanya menunggu apa yang negara bisa berikan kepada kita.

Dalam kesimpulan, sebagai warga negara yang baik, kita harus mengubah mindset kita dari hanya meminta kepada memberikan yang terbaik untuk negara. Setiap individu memiliki peran yang sama pentingnya dalam memajukan negara. Oleh karena itu, kita harus aktif dan kreatif dalam memberikan yang terbaik untuk lingkungan sekitar. Istilah Jawa "Ojo Mung Krido Lumahing Asto" harus menjadi pedoman kita dalam hidup sebagai warga negara yang baik.( Wo).

Semoga Bermanfaat !!

Baca Juga Berita Sebelumnya:

<marquee style="color:red"><direction="left" width="100%" height="15px"><font size="4"><b>TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI. SEMOGA BERMANFAAT !! KRITIK DAN SARAN SELALU KAMI HARAPKAN UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE DAN JUGA DESA DERO YANG LEBIH BAIK MELALUI KOLOM KOMENTAR.</b></font></direction="left"></marquee>

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:472
    Kemarin:11.346
    Total Pengunjung:3.483.594
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.116.65.151
    Browser:Mozilla 5.0