SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Cukup Datang Kantor Desa, Pemdes Dero Siap Layani Warga untuk Aktivasi IKD/ KTP Digital

09 Maret 2023 12:53:52  Suparno Wo Thekle  830 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Dalam rangka diberlakukannya kebijakan Pemerintah Pusat terkait penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD) sebagai informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan, maka Pemerintah Desa Dero Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi telah siap melayani masyarakat Desa Dero untuk melakukan aktivasi IKD tersebut.

Kepala Desa Dero, Ariyadi didampingi oleh Kepala Seksi Pemerintahan Desa Dero, saat di temui Dero.desa.id menyatakan kesiapan Pemerintah Desa Dero sebagai salah satu desa percontohan untuk pelayanan Aktivasi IKD berbasis Desa. 

Baca Juga: 

"Mulai hari ini, Pemerintah Desa Dero siap melayani warga masyarakat Desa Dero untuk mengaktivkan Identitas Kependudukan Digitalnya. Warga cukup datang ke Kantor Desa membawa Smartphone Android dengan minimal versi Androidnya adalah Versi 8 dan memiliki email aktif maka IKD sudah bisa diaktifkan" ucap Ariyadi. Kamis (09/02) siang.

Identitas Kependudukan Digital merupakan versi digital dari dokumen identitas kependudukan yang dapat diakses secara online melalui Aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang telah tersedia di Playstore. Fitur dari aplikasi IKD sementara terdapat beberapa dokumen yang dapat diakses seperti KTP Digital, KK Digital, KIS Digital, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Identitas digital ini telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 72 tahun 2022 tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak, dan blanko KTP-El, serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital. Permendagri tersebut menjelaskan identitas kependudukan digital adalah informasi elektronik yang digunakan untuk merepresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui gawai yang menampilkan data pribadi sebagai identitas yang bersangkutan.

Baca Juga:

Adapun alur aktivasi IKD yaitu:

  • Masyarakat datang langsung ke kantor Desa Dero dan mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital melalui Playstore pada smartphone.
  • Lalu melakukan registrasi dengan memasukkan NIK, email, nomor HP, dan melakukan swafoto di depan petugas untuk verifikasi wajah dan memindai QR code.
  • Jika pendaftaran berhasil, maka akan menerima email yang berisikan kode aktivasi.
  • Selanjutnya wajib melakukan proses aktivasi akun dengan memasukkan kode aktivasi yang dikirim melalui email.
  • Setelah itu melakukan login menggunakan kata kunci/PIN yang telah diberikan sebelumnya oleh petugas (masyarakat dapat mengubah kata kunci/PIN).
  • Setelah berhasil login, akan tampil beranda aplikasi yang berisi menu utama.

Perlu diketahui bahwa di aplikasi IKD terdapat dua cara menampilkan KTP Digital, yaitu menampilkan dalam layar saja atau menampilkan dalam bentuk kode QR-code terenkripsi.

Unduh Link Aplikasi IKD, Klik Disini

Baca Juga Berita Sebelumnya:

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.255
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.383.326
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.12.123.205
    Browser:Mozilla 5.0