SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Bersih Desa Dero, Catat Hari Dan Tanggalnya !!

15 Juni 2023 12:17:54  Suparno Wo Thekle  429 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Pemerintah Desa Dero mengadakan Musyawarah Bersih Desa atau yang dikenal sebagai nyadran. Acara tersebut bertempat di aula kantor desa pada Rabu (14/6).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala Desa Dero beserta perangkatnya, Ketua BPD, Sesepuh Desa, Ketua Lembaga Adat Desa Dero, tokoh agama, dan semua Ketua RT dan RW di wilayah Desa Dero.

Musyawarah bersih Desa ini bertujuan untuk melaksanakan tradisi turun temurun dalam bentuk bersih Desa. Dan mendasar musyawarah bersih desa Dero akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 6 Agustus 2023, bertepatan dengan bulan Muharram. Tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur warga Desa Dero atas berkah yang diberikan Tuhan kepada mereka, baik berupa hasil panen yang melimpah, kesehatan yang terjaga, maupun kesejahteraan yang mereka peroleh selama setahun. Lebih dari itu, tradisi ini juga menjadi permohonan untuk keselamatan dan kesejahteraan warga Desa Dero dalam satu tahun mendatang.

Dalam rangkaian acara bersih Desa tersebut, akan diadakan berbagai kegiatan. Pada Minggu Wage tanggal 6 Agustus 2023 , seluruh warga Desa Dero akan melaksanakan selamatan atau shodaqohan di makam desa sebagai ungkapan terima kasih kepada leluhur mereka. Pada malam Senin, akan diadakan tahlilan dan kirim doa di masjid kantor desa, sebagai bentuk penghormatan kepada para pendahulu yang telah berjasa bagi Desa Dero. Pada Senin pagi, warga Desa Dero akan melaksanakan keduk Beji di sendang Beji, tempat yang diyakini memiliki kekuatan spiritual. Malam Selasa, akan digelar tayuban, sebuah pertunjukan seni tradisional yang menghibur dan mempererat tali persaudaraan di antara warga. Puncak acara akan diadakan pada malam Rabu dengan pengajian bersama.

Peserta musyawarah bersih desa 

Kepala Desa Dero, Ariyadi, dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya, "Saya berharap tradisi bersih Desa ini tetap dijaga dan dilestarikan oleh generasi muda Desa Dero,' ucapnya 

Lanjut Ariyadi," Tradisi ini tidak hanya sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kita, tetapi juga sebagai pengingat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan harmoni antarwarga. Dengan menjalankan tradisi ini, kita dapat memperkokoh ikatan sosial dan kebersamaan dalam masyarakat Desa Dero." Jelasnya 

Tradisi bersih Desa merupakan warisan budaya yang harus dijaga keberlanjutannya. Melalui musyawarah bersih Desa ini, Desa Dero menunjukkan komitmen dan kepedulian dalam menjaga tradisi serta mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan keberkahan bagi warga Desa Dero, serta menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam melestarikan nilai-nilai budaya tradisional.

Baca Juga Berita Sebelumnya: 

<marquee style="color:red"><direction="left" width="100%" height="15px"><font size="4"><b>TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI. SEMOGA BERMANFAAT !! KRITIK DAN SARAN SELALU KAMI HARAPKAN UNTUK PERKEMBANGAN WEBSITE DAN JUGA DESA DERO YANG LEBIH BAIK MELALUI KOLOM KOMENTAR.</b></font></direction="left"></marquee>

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:5.771
    Kemarin:12.300
    Total Pengunjung:3.916.887
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.137.252
    Browser:Mozilla 5.0