SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Petani Desa Dero, Mulai Sebar Benih Padi untuk Masa Tanam Ketiga (Gadu), Ini Harapannya !!?

15 Juli 2023 17:56:00  Suparno Wo Thekle  1.916 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Petani di Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, telah memulai proses penyebaran benih padi untuk masa tanam ketiga, yang dikenal sebagai gadu. Kegiatan ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh para petani sebelum melakukan penanaman bibit padi di lahan mereka. Pada Sabtu (15/7/2023).

Penyemaian benih padi merupakan tahapan penting dalam siklus pertanian, yang biasanya dilakukan menjelang musim tanam. Para petani melakukan proses perendaman benih dalam air selama 24 jam, kemudian merendamnya lagi selama 24 jam dengan harapan benih tersebut akan berkecambah. Setelah benih padi mengeluarkan kecambah, petani mulai melakukan penyebaran benih di petakan lahan sawah.

Supriyadi, salah satu petani dari Dusun Tegal Duwur Desa Dero, menjelaskan proses tersebut. Ia mengatakan,

"Sebelum ditebar, benih padi direndam dalam air selama 24 jam dan diperam selama 24 jam pula. Hal ini bertujuan agar benih padi dapat mengeluarkan kecambah. Setelah kecambah muncul, petani mulai menyemai benih tersebut di lahan sawah mereka," Ujarnya 

Supriyadi menambahkan bahwa Lama penyemaian atau penyebaran benih padi bervariasi tergantung pada kebiasaan petani dalam menentukan umur bibit yang cocok untuk ditanam di pesawahan. 

" Dan di desa dero, umumnya petani menanam bibit padi setelah berumur 20-25 hari," Jelasnya 

Supriyadi berharap dengan dimulainya proses penyebaran benih padi ini, hasil panen padi di Desa Dero akan meningkat pada musim tanam kali ini. Ia juga menambahkan, "Kami berharap cuaca mendukung sehingga padi dapat tumbuh dengan baik dan kami dapat memperoleh hasil panen yang melimpah." Pungkasnya 

Para petani di Desa Dero siap bekerja keras dalam merawat tanaman padi selama masa tanam, dengan harapan dapat memperoleh hasil panen yang berkualitas tinggi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di wilayah tersebut. Dengan tekad dan semangat yang tinggi, mereka melanjutkan proses pertanian mereka dengan harapan akan membawa manfaat yang baik bagi seluruh komunitas petani Desa Dero.

Baca Juga Berita Sebelumnya: 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:451
    Kemarin:11.346
    Total Pengunjung:3.483.573
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.137.219.237
    Browser:Mozilla 5.0