SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Gus Iqdam Ungkap Awal Mula Istilah "Dekengane Pusat" yang Viral

09 Agustus 2023 18:13:42  Suparno Wo Thekle  25.543 Kali Dibaca  Ragam Artikel Kemasyarakatan

Dero.desa.id - Istilah "Dekengane Pusat" viral di media sosial setelah digunakan oleh pendakwah milenial Agus Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam. Istilah ini berarti dukungannya pusat.

Gus Iqdam menjelaskan, istilah "Dekengane Pusat" ini muncul saat dirinya sedang memberikan kajian tentang fadilah atau keutamaan shalat qabliyah shubuh. Gus Iqdam mengatakan, shalat qabliyah shubuh memiliki banyak keutamaan, salah satunya bisa menyembuhkan penyakit dan menaikkan derajat.

Gus Iqdam dalam Keterangannya di YouTube Nu Channel 

Dalam kesempatan tersebut, hadir para pejabat yang identik dengan orang-orang pusat yang mengikuti pengajian. Gus Iqdam mengatakan, orang yang ingin melakukan ibadah tidak perlu menjadi pejabat. "Dekenganmu tidak perlu pejabat kamu mau melakukan salat sunnah atau shalat qabliyah atau salat rawatib apapun itu, dekenganmu pusat," ungkap Gus Iqdam.

Yang dimaksud pusat menurut Gus Iqdam adalah Allah swt yang memiliki kekuasaan paling tinggi dan mengatur segala yang ada di dunia ini. Sehingga manusia yang tetap istiqamah beribadah akan senantiasa didukung dan dilindungi oleh Allah swt dan hidup dalam kenyamanan.

Selain "Dekengane Pusat", beberapa istilah lainnya yang digunakan oleh Gus Iqdam juga viral di antaranya kata-kata "ST Nyell" dan "Wonge Teko". "ST nyell" adalah singkatan dari Sabilu Taubah (ST) yang ditambah dengan kata "nyell" yang dalam bahasa Jawa berarti total. Sehingga istilah ST Nyell diartikan sebagai Sabilu Taubah semua.

Sementara istilah ‘Wonge Teko’ (orangnya datang?)adalah kalimat pertanyaan yang dilemparkan Gus Iqdam ketika memberikan contoh seseorang dalam materi pengajiannya. Di antaranya yang diungkapkan dalam salah satu video pengajiannya yang di unggah NU Channel, 03/08/2023

“Tidak seperti hidupmu yang hanya mencari pasangan hidup. Bertahun-tahun memiliki hubungan dengan anak orang, tapi yang naik ke pelaminan orang lain. cintamu ditolak karena hidupmu ruwet. Iki wonge yo teko? (Ini orangnya ya datang?).

Istilah-istilah yang digunakan oleh Gus Iqdam tersebut disambut positif oleh masyarakat. Banyak orang yang merasa terinspirasi dan termotivasi untuk menjadi lebih baik setelah mendengar pengajian Gus Iqdam.

Baca Juga Berita Sebelumnya: 

HARTOYO
29 Januari 2024 21:11:59
Assalamualaikum Gus

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.306
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.384.377
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.133.112.15
    Browser:Mozilla 5.0