SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Resmi, Ketua KPU Ngawi Lantik 651 Anggota PPS dari 19 Kecamatan

24 Januari 2023 13:37:51  Suparno Wo Thekle  546 Kali Dibaca  Kabar Pemilu dan Pilkada 2024

Dero.desa.id - Sebanyak 651 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Ngawi Resmi dilantik oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi, Prima Aequina Sulistyanti, S.IP pada Selasa (24/1). Mereka berasal dari 19 Kecamatan dengan jumlah 4 kelurahan 11 Desa dan masing-masing kelurahan/ desa tiga orang.

Acara yang digelar di Gedung Pertemuan Kurnia Convention Hall, Jl. Ir. Soekarno, Beran, Ngawi itu dihadiri Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dan Wakil Bupati Ngawi Dwi Riyanto Jadmiko , forkopimda dan Camat se-kabupaten Ngawi juga pengurus KPU dan PPK serta Bawaslu Kabupaten Ngawi dengan total peserta mencapai ± 900 orang.

Sebanyak 651 anggota PPS tersebut diwakili oleh empat orang yang diambil sumpah sesuai agamanya yakni Islam, Kristen, Katolik dan aliran kepercayaan dengan didampingi para rohaniawan.

Ketua KPU Ngawi, Prima Aequina Sulistyanti, S.IP dalam sambutannya menjelaskan, Pemilu 2024 telah memasuki tahapan keenam, yakni pencalonan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. Selanjutnya tahapan ketujuh yakni kampanye.

Tahapan kedelapan berupa masa tenang, kesembilan berupa pemungutan dan penghitungan suara, kesepuluh penetapan hasil pemilu, kesebelas pengucapan sumpah dan janji calon terpilih. Adapun anggota PPS mulai bekerja seusai dilantik hari ini.

“Di sela-sela tahapan utama itu, kita masih melaksanakan sub tahapan perekrutan badan AdHoc pantarlih dan KPPS, penyusunan daftar pemilih, penyiapan logistik, dan kegiatan sosialisasi,” jelas Prima Aequina Sulistyanti, S.IP.

Tugas-tugas melaksanakan tahapan pemilu yang berat itu, lanjutnya, tentu tidak mungkin dikerjakan sendiri oleh jajaran KPU. Sukses Pemilu 2024 adalah kerja bersama seluruh warga Ngawi.

Prima Aequina Sulistyanti, S.IP berharap agar seluruh jajaran PPS mampu menjalankan tugas dengan baik, bekerja penuh kejujuran dan keikhlasan, serta menjaga integritas dan soliditas.

“Kalau di dunia pendidikan ada Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, maka di dunia kepemiluan, Anda adalah Pahlawan Demokrasi. Anda adalah pejuang-pejuang demokrasi demi tegaknya NKRI,” ucap Prima.

Ditambahkannya, pelantikan PPS Pemilu 2024 kali ini dilaksanakan di tingkat kabupaten sebagai bentuk show of force kepada masyarakat Ngawi berupa Gelar Pasukan Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu. “Ini menunjukkan bahwa kami telah siap untuk melaksanakan dan menyukseskan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” tegasnya.

Adapun Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan PPS ini menjadi momentum yang menandai kesiapan Kabupaten Ngawi dalam melaksanakan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Kepada anggota PPS yang telah dilantik, bupati berharap agar segera melakukan koordinasi baik secara vertikal maupun horisontal. Sehingga tahapan-tahapan yang telah direncanakan dalam penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Ngawi dapat terlaksana dengan baik.

Ditegaskannya bahwa setiap tindakan seluruh penyelenggara Pemilu termasuk PPS harus berpedoman pada aturan hukum yang berlaku, agar langkah dan tindakan dapat dipertanggung jawabkan.

“Jangan tergoda untuk menyalahgunakan kekuasaan dan kewenangan yang dimiliki, termasuk menjaga diri agar tidak terjebak dalam politik uang, karena hal itu akan memiliki konsekuensi hukum sekaligus menodai nilai-nilai demokrasi,” pesan Bupati.

Dirinya juga menekankan kembali pentingnya netralitas seluruh penyelenggara Pemilu, sebagai salah satu kata kunci yang harus ditegakkan. “Netralitas penyelenggara pemilu harus dijaga dan dipegang teguh, karena merupakan modal sangat penting dalam mengawal tegaknya demokrasi,” pungkasnya.

Baca Juga Berita Sebelumnya: 

Gun Ardika
30 Januari 2023 11:04:04
Mannntttappp... Semoga pemilu 2024 Sukses..Aamin

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:882
    Kemarin:11.346
    Total Pengunjung:3.484.004
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.119.19.16
    Browser:Mozilla 5.0