SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA DERO KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR . INI ADALAH RUANG MEDIA INFORMASI DESA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK. JANGAN LUPA SELALU IKUTI WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL KAMI UNTUK UPDATE INFORMASI DALAM PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DI DESA DERO DAN INFORMASI ATAU BERITA LAINNYA.

Artikel

Musim Hujan Tiba, Petani Desa Dero Mulai Garap Sawah Masa Tanam ke-1

04 Desember 2023 00:41:18  Suparno Wo Thekle  542 Kali Dibaca  Berita Desa

Dero.desa.id - Musim penghujan yang tiba di Desa Dero, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, disambut dengan suka cita oleh para petani. Hal ini karena musim penghujan merupakan pertanda dimulainya masa tanam pertama (MT-1) untuk tanaman padi.

Di Desa Dero, para petani mulai menggarap sawahnya sejak akhir November 2023. Salah satu petani yang sudah mulai menggarap sawahnya adalah Suparno. Saat di temui Tim Dero.desa.id, Ia mengatakan bahwa benih padi yang ia tanam sudah berumur 18 hari.

"Benih padi yang saya tanam adalah jenis Logawa ,Saya memilih jenis ini karena tahan terhadap hama dan penyakit," kata Suparno, Minggu (03/12) sore.

Suparno mengaku bersyukur karena hujan yang turun di beberapa hari terakhir sangat deras. Hal ini membuat ia semakin semangat untuk mulai mengolah tanah sawahnya.

Tampak salah pekerja tlaktor sedang membajak sawah milik Suparno 

"Harapannya, dengan hujan yang turun ini, tanaman padi saya bisa tumbuh dengan subur dan menghasilkan panen yang melimpah," Harap Suparno 

Hal senada juga disampaikan Puryanto, petani lain di Desa Dero. Ia mengatakan bahwa benih padi yang ia tanam sudah berumur 20 hari. Ia juga mulai membajak sawahnya untuk mempersiapkan masa tanam MT-1.

"Saya menggunakan traktor untuk membajak sawah saya. Ini untuk menghemat waktu dan tenaga," kata Puryanto.

Sawah milik Puryanto sudah di bajak 

Selain Suparno dan Puryanto, masih banyak petani lain di Desa Dero yang sudah mulai menggarap sawahnya. Mereka berharap dapat menghasilkan panen padi yang melimpah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Baca Juga Berita Sebelumnya: 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Komentar

 Arsip Artikel

 Facebook

 Aparatur Desa

Back Next

 WhatsApp Center Desa Dero

 class= ,

 Statistik

 Sinergi Program

DTKS Tentang OpenSID
LAPOR Kemendesa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Waduk Pondok KM 03
Desa : Dero
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon : 0
Email : dero@ngawikab.id

 Peta Wilayah Desa

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.505
    Kemarin:9.826
    Total Pengunjung:3.383.576
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.138.35.90
    Browser:Mozilla 5.0